Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Video Warga Lakukan Evakuasi Meski Ada Lahar Panas Gunung Semeru

Gunung Semeru erupsi pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.20 WIB kemarin. Hingga kini, proses evakuasi masih berjalan.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 05 Desember 2021  |  14:47 WIB
Video Warga Lakukan Evakuasi Meski Ada Lahar Panas Gunung Semeru
Warga melintas di rumah yang rusak akibat abu vulkanik letusan Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Akibat letusan Gunung Semeru tersebut sedikitnya puluhan rumah rusak. ANTARA FOTO - Umarul Faruq
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Gunung Semeru di Jawa Timur meletus dan mengeluarkan guguran awan panas pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.20 WIB. Masyarakat di lokasi terdampak pun langsung melakukan proses evakuasi.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter @alqadrie_ipeh, tampak jika proses evakuasi oleh warga sendiri masih terus dilakukan meski kondisi berkabut tebal dan terdapat lahar panas.

"Ini lahar yang masih panas. Begini kondisinya. Awannya masih panas, kita mau nekat evakuasi," ucap seseorang yang merekam video terkait.

Sementara itu, sambil terus berjalan, salah seorang lain yang ada dalam video berujar meminta bantuan kepada tim SAR.

"Bapak tim SAR, mohon bantuannya. Ini keluarga saya nggak bisa keluar. Masih banyak saudara-saudara kita yang masih belum dievakuasi," ucapnya.

Lepas dari itu, berdasarkan informasi dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto, terhitung pukul 09.20 WIB, Minggu (5/12/2021) sebanyak 13 orang dilaporkan meninggal dunia akibat bencana ini.

Sementara itu, 41 orang mengalami luka-luka dan telah mendapatkan penanganan awal di Puskesmas Penanggal. Lalu, sebanyak 902 warga dilaporkan telah mengungsi di beberapa fasilitasi pendidikan dan balai desa.

Kini, BNPB melalui Kedeputian Bidang Logistik dan Peralatan telah mengirimkan bantuan sebagai penanganan darurat pasca-erupsi Gunung Semeru, meliputi 1.374 paket makanan siap saji, 1.377 paket lauk pauk, 2.000 lembar selimut, 900 lembar matras, 20.000 pcs masker KF-94, serta 2 unit tenda pengungsi. Total seluruh bantuan yang diberikan mencapai Rp1,14 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

erupsi gunung meletus Gunung Semeru
Editor : Aliftya Amarilisya
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top