Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waduh! 8 Orang Penambang Terjebak saat Gunung Semeru Meletus

Gunung Semeru meletus telah menelan 1 orang meninggal dan 8 penambang masih terjebak.
Gunung Semeru Erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore/Antara
Gunung Semeru Erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Gunung Semeru meletus hari ini telah menelan satu korban jiwa, dua orang hilang, dan delapan orang penambang dinyatakan terjebak.

"Satu orang warga Curah Kobokan, Lumajang, Jawa Timur, meninggal dunia akibat erupsi Gunung Semeru. Sementara itu, dua orang hilang dan 8 orang penambang di Desa Sumberwuluh terjebak," kata Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati dalam konferensi pers secara daring, Sabtu (4/12/2021).

Indah mengatakan di Curah Kobokan terdapat 300 kepala keluarga (KK), yang sebagian besar telah mengungsi. Beberapa warga juga berhasil dievakuasi. Namun, berdasarkan informasi terbaru, terdapat 10 orang belum dievakuasi karena lokasi dipenuhi lumpur setinggi lutut kaki.

Dia juga menginformasikan bahwa di Dusun Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Lumajang, terdapat dua penambang pasir yang hilang dan saat ini belum ditemukan saat Gunung Semeru meletus.

Sementara itu, terdapat 8 orang penambang terjebak di kantor pemilik tambang. Warga tersebut sempat meminta pertolongan, tetapi petugas keselamatan sulit menembus daerah terdampak karena lahar panas sudah di lokasi tersebut.

“Delapan orang terjebak di kantor pemilik tambang dan kami tidak bisa menghubungi. Tadi sore mereka sempat mengirimkan video minta tolong untuk dibantu, namun petugas tidak bisa mengevakuasi karena lahar panas sudah di sana,” kata Indah.

Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyampaikan bahwa getaran banjir lahar atau guguran awan panas tercatat mulai pukul 14.47 WIB pada Sabtu (4/12) dengan amplitudo maksimal 20 milimeter.

Pada pukul 15.10 WIB, Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Semeru di Pos Gunung Sawur melaporkan visual abu vulkanik dari guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan dan beraroma belerang.

“Catatan yang dihimpun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi [PVMBG], guguran lava pijar Gunung Semeru teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper