Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Orang Gila Ini Ternyata Intelijen, Sempat Rebut Bandara Kemayoran

Hendropriyono mengungkapkan dirinya sempat menemukan metode hitam intelijen yang pernah digunakan Jepang saat melawan Belanda di Indonesia.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 18 November 2021  |  13:50 WIB
Loading the player ...
Orang gila juga intel?
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M Hendropriyono mengungkapkan dirinya sempat menemukan metode hitam intelijen yang pernah digunakan Jepang saat melawan Belanda di Indonesia.
 
Menurut Hendropriyono, metode hitam intelijen itu pertama kali digunakan oleh seorang kapten dari  Jepang pada tahun 1942. Tidak ada satu orang pun yang mengira orang itu adalah kapten dari Jepang dan memiliki sejumlah pasukan untuk melawan militer Belanda di Indonesia.
 
"Metode hitam intelijen itu benar-benar tertutup sama sekali, di bawah tanah seperti yang pernah digunakan oleh Jepang tahun 1942," tuturnya di sela-sela acara Podcast bersama Deddy Corbuzier, Kamis (18/11/2021).
 
Hendropriyono menyebut berdasarkan kesaksian dari masyarakat sekitar pada saat itu, kapten dari Jepang ini seringkali memakan kotorannya sendiri, sehingga dilabeli oleh masyarakat sebagai Jepang Gila.
 
Tidak hanya itu, Kepolisian Belanda juga pernah memeriksa kapten dari Jepang tersebut dan sudah dinyatakan sebagai orang gila.
 
Belakangan baru diketahui bahwa kapten tersebut merupakan militer Jepang yang sedang menjalani tugas khusus untuk merebut Lapangan Terbang Kemayoran dari tangan militer Belanda.
 
"Jadi dia berpura-pura jadi orang gila. Kemudian, dalam waktu satu jam, dia bisa merebut Lapangan Terbang Kemayoran itu, kenapa bisa begitu karena tidak ada yang memperhatikan dan menganggap dia ini gila," katanya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

intel badan intelijen negara
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top