Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Orang Gila Ini Ternyata Intelijen, Sempat Rebut Bandara Kemayoran

Hendropriyono mengungkapkan dirinya sempat menemukan metode hitam intelijen yang pernah digunakan Jepang saat melawan Belanda di Indonesia.
Orang gila juga intel?
Orang gila juga intel?
Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M Hendropriyono mengungkapkan dirinya sempat menemukan metode hitam intelijen yang pernah digunakan Jepang saat melawan Belanda di Indonesia.
 
Menurut Hendropriyono, metode hitam intelijen itu pertama kali digunakan oleh seorang kapten dari  Jepang pada tahun 1942. Tidak ada satu orang pun yang mengira orang itu adalah kapten dari Jepang dan memiliki sejumlah pasukan untuk melawan militer Belanda di Indonesia.
 
"Metode hitam intelijen itu benar-benar tertutup sama sekali, di bawah tanah seperti yang pernah digunakan oleh Jepang tahun 1942," tuturnya di sela-sela acara Podcast bersama Deddy Corbuzier, Kamis (18/11/2021).
 
Hendropriyono menyebut berdasarkan kesaksian dari masyarakat sekitar pada saat itu, kapten dari Jepang ini seringkali memakan kotorannya sendiri, sehingga dilabeli oleh masyarakat sebagai Jepang Gila.
 
Tidak hanya itu, Kepolisian Belanda juga pernah memeriksa kapten dari Jepang tersebut dan sudah dinyatakan sebagai orang gila.
 
Belakangan baru diketahui bahwa kapten tersebut merupakan militer Jepang yang sedang menjalani tugas khusus untuk merebut Lapangan Terbang Kemayoran dari tangan militer Belanda.
 
"Jadi dia berpura-pura jadi orang gila. Kemudian, dalam waktu satu jam, dia bisa merebut Lapangan Terbang Kemayoran itu, kenapa bisa begitu karena tidak ada yang memperhatikan dan menganggap dia ini gila," katanya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper