Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesan Puan Maharani untuk Panglima TNI Andika Perkasa

Puan Maharani memberikan ucapan selamat atas pelantikan Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.
Puan Maharani/Antara-Istimewa
Puan Maharani/Antara-Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengharapkan Andika Perkasa yang baru resmi menjabat sebagai Panglima TNI dapat membuat TNI semakin profesional dalam menegakkan kedaulatan NKRI dan terus dekat dengan rakyat sebagai abdi negara.

“Saya berharap Jenderal Andika akan membawa TNI semakin maju dan profesional dalam pengabdiannya untuk negara. Tegakkan kedaulatan NKRI, lindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan,” ujar Puan dalam keterangannya, Rabu (17/11/2021).

Puan juga memberikan ucapan selamat atas pelantikan Andika Perkasa yang sebelumnya menjabat sebagai KSAD. Pelantikan Jenderal Andika oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilakukan di Istana Kepresidenan setelah mendapatkan persetujuan menjadi Panglima TNI dari DPR RI pekan lalu.

Jenderal Andika menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun pada akhir November 2021. Puan pun berterima kasih atas kinerja Hadi selama memimpin TNI sejak periode pertama Presiden Jokowi.

“Apresiasi yang tinggi saya ucapkan secara khusus kepada Marsekal Hadi Tjahjanto atas pengabdiannya selama memimpin TNI. Keberhasilan dan prestasi TNI selama ini tidak terlepas dari kinerja Marsekal Hadi,” ujar Puan.

Selain Panglima TNI, hari ini turut dilantik pula Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) baru yakni Dudung Abdurachman dan Kepala BNPB, Mayjen Suharyanto.

“Atas nama pimpinan DPR RI, saya juga mengucapkan selamat atas dipilihnya Letjen Dudung Abdurachman sebagai KSAD dan Mayjen Suharyanto sebagai Kepala BNPB,” ujar Puan.

Kepada Dudung, mantan Menko PMK tersebut berharap agar TNI AD semakin solid. Puan juga meminta Dudung meningkatkan kinerja TNI AD, termasuk dalam menjaga teritori negara.

“Khususnya di wilayah-wilayah perbatasan. Kami harapkan TNI AD terus menjadi garda terdepan pertahanan untuk menjaga kedaulatan negara,” katanya.

Dengan adanya rotasi di berbagai posisi strategis, TNI diharapkan terus menjaga sinergi dengan seluruh instansi, termasuk Polri yang sudah terbangun selama ini. Puan pun berharap TNI terus membantu pemerintah dalam program-program penanganan pandemi Covid-19, termasuk pengawasan dan vaksinasi.

Seperti diketahui, pelantikan Dudung Abdurachman sebagai KSAD dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 107/TNI/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, yang ditetapkan di Jakarta tanggal 17 November 2021.

Dudung menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang sebelumnya telah dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi Panglima TNI. Dengan pelantikan dirinya sebagai KSAD itu, maka pangkat Dudung Abdurachman naik satu tingkat menjadi jenderal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper