Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TesCa 2021, Telkom dan Dirjen Dikti Pererat Perguruan Tinggi dengan Dunia Industri

Telkom Indonesia dan Dirjen Dikti Kemendikbudristek bekerja sama untuk mempererat perguruan tinggi dengan dunia industri.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 16 November 2021  |  12:14 WIB
TesCa 2021, Telkom dan Dirjen Dikti Pererat Perguruan Tinggi dengan Dunia Industri
Mahasiswa tengah Praktikum di Lab Sensori Integrasi Vokasi UI - ANTARA/Humas UI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Telkom Indonesia dan Direktorat Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbudristek bekerja sama sekaligus meluncurkan Program Telkom Smart Campus Awards (TeSCA) 2021, Senin (15/11/2021).

Menurut Direktur Enterprise and Business Service Telkom Indonesia, Edi Witjara program ini sejalan dengan program pemerintah bertajuk Gerakan Literasi Digital, yaitu upaya menciptakan kolaborasi antara pemerintah, pelaku industri, dan akademisi semakin mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

“Momentum ini merupakan suatu langkah bersama untuk mendukung dan meningkatkan talenta digital innovation,” ujar Edi dikutip dari pernyataan tertulis, Selasa (16/11/2021). 

Selain Edi Witjara, kegiatan tersebut juga dihadiri plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Profesor Nizam, Ph.D.

Menurut Edi Witjara, TeSCA merupakan sebuah program inisiasi Telkom Indonesia untuk meningkatkan adopsi digital dan kreatifitas digital.

Tahun ini, TeSCA hadir dengan tema “Digital Smart Campus, Wujudkan Indonesia Tumbuh” dengan dua kategori.

Kategori digital adoption, yang melakukan penilaian kepada perguruan tinggi berdasarkan sistem digitalisasi yang sesuai dengan metodologi ZEN framework.

Kemudian, digital creativity yang merupakan kompetisi inovasi digital untuk civitas akademika di Indonesia.

"Kolaborasi antara Telkom Indonesia dan Dirjen Dikti ini akan dapat mencapai tolok ukur integrasi pemerintah, pelaku industri, dan akademisi, yang sebelumnya telah berhasil dicapai di berbagai negara, seperti India, Australia, dan Tiongkok," katanya.

Untuk itu, Telkom Indonesia berkomitmen menciptakan smart ecosystem untuk perguruan tinggi dalam negeri dengan konsep pentahelix ABCGM (akademisi, bisnis, community, government, dan media).

Salah satu bentuk nyata dari komitmen ini ialah ID-REN atau Indonesia Research & Education Network, yang menjadi wadah kolaborasi serta berbagi hasil riset antara perguruan tinggi yang telah mendapat dukungan dari pemerintah.

Di tingkat perguruan tinggi, komitmen ini telah mampu diterapkan di Universitas Padjadjaran, dalam pembuatan roadmap digitalisasi, dan Universitas Trisakti, dalam

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkom Kemendikbudristek
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top