Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ducati Ngamuk Soal Unboxing di WSBK, Humas Bea Cukai Mataram Angkat Bicara 

Humas Bea Cukai Mataram angkat bicara terkait viralnya video unboxing ilegal di WSBK yang membuat tim Ducati ngamuk.
Foto seorang warga yang sedang berpose di samping unboxing motor Ducati untuk WSBK di Mandalika, Lombok viral di media sosial/Twitter
Foto seorang warga yang sedang berpose di samping unboxing motor Ducati untuk WSBK di Mandalika, Lombok viral di media sosial/Twitter

Bisnis.com, JAKARTA – Bea Cukai Mataram memberikan klarifikasi terkait dengan viralnya video unboxing ilegal motor tim pabrikan Ducati untuk ajang World Superbike (WSBK) Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dikutip melalui instagram @beacukaimataram, Humas Bea Cukai Mataram menyebutkan pemeriksaan fisik atas barang impor dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan, yaitu Pasal 3 UU Kepabeanan No 17 Tahun 2006.

“(3) Barang impor yang dibawa oleh penumpang, awak sarana pengangkut, atau pelintas batas ke dalam daerah pabean pada saat kedatangannya wajib diberitahukan kepada pejabat bea dan cukai. (4) Barang impor yang dikirim melalui pos atau jasa titipan hanya dapat dikeluarkan atas persetujuan pejabat bea dan cukai,” tulis aturan tersebut seperti dikutip Bisnis, Kamis (11/11/2021).

Lebih lanjut, Humas Bea Cukai Mataram mengatakan dalam melakukan pemeriksaan fisik barang impor dan ekspor, pejabat Bea dan Cukai selalu didampingi atau disaksikan ileh importer atau kuasa pemilik barang atau pihak lainnya sesuai ketentuan perundang-undangan.

Adapun, Importitr atau kuasanya menyiapkan barang untuk diperiksa, mengeluarkan kemasan di bawah pengawasan pejabat Bea dan Cukai, dan membuka kemasan yang akan diperiksa.

“Perlu kami jelaskan bahwa dokumentasi di media sosial sebagai bagian dari edukasi dan bentuk tanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas, serta kami upayakan tidak mengandung informasi yang sensitif,” tulisnya lewat akun @beacukaimataram, dikutip Kamis (11/11/2021).

Humas Bea Cukai Mataram menegeaskan dokumentasi lain yang beredar bukan merupakan produksi dari Bea Cukai.

Untuk diketahui, oknum pegawai Sirkuit Mandalika menjadi sorotan setelah video unboxing motor milik pembalap World Superbike (WSBK) dari Ducati, Michael Rinaldi viral hingga masuk media ternama asal Jerman, Speedweek.

Dalam pemberitaan yang dimuat, perwakilan Ducati ngamuk gara-gara video yang memperlihatkan sosok pegawai di sebelah motor Ducati. Petugas dianggap melakukan pelanggaran karena membuka properti milik Ducati tanpa izin.

Video yang viral hingga seluruh media sosial itu juga ramai diperbincangkan warganet sebab ulah oknum tersebut membuat reputasi Indonesia dipertanyakan dalam menggelar ajang WSBK di Sirkuit Mandalika, Lombok pada 19 November 2021. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper