Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ditabrak Burung Nasar di Madrid, Badan Pesawat Airbus Iberia Robek di Bagian Depan

Pesawat dari maskapai Iberia mengalami kerusakan di bagian depan setelah ditabrak oleh burung Nasar sebesar 12,5 kg.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Oktober 2021  |  12:48 WIB
Pesawat maskapai Iberia ditabrak burung nasar sesaat sebelum mendarat di bandara di Madrid, Spanyol, Rabu 27 Oktober 2021 - Airlive.net
Pesawat maskapai Iberia ditabrak burung nasar sesaat sebelum mendarat di bandara di Madrid, Spanyol, Rabu 27 Oktober 2021 - Airlive.net

Bisnis.com, SOLO - Pesawat Airbus A350-900 milik maskapai Iberia mengalami kerusakan body, beberapa saat sebelum mendarat di Bandara Barajas Adolfo Suarez Madrid.

Pesawat dengan nomor penerbangan EC-NDR tersebut ditabrak oleh seekor burung nasar yang mengakibatkan kerusakan di bagian depan pesawat.

Kronologi kerusakan pesawat yakni saat Airbus tersebut bergerak turun dari ketinggian 1.000 kaki atau sekitar 300 meter.

Meskipun mengalami kerusakan, pesawat bisa tetap mendarat dengan selamat di landasan. Insiden itu terjadi pada Rabu 27 Oktober 2021.
Pesawat maskapai nasional Spanyol itu baru saja menjalani rute sembilan jam penerbangannya dari Bogota, Kolombia.

Tabrakan itu menyebabkan hidung pesawat sampai robek dan tampak celah menganga. Di antaranya, tubuh burung besar—mati--masih terjepit.

Belakangan diketahui burung berasal dari jenis burung nasar atau burung bangkai (Aegypius monachus), satu di antara jenis burung terbesar dan terberat di Eropa. Bentang sayapnya hingga 2,5 meter dan beratnya sampai 12,5 kilogram.

Adapun pesawat yang ditabraknya tergolong baru—digunakan Iberia sejak Mei 2019. Tabrakan dengan burung itupun menjadi catatan insiden signifikan pertama yang melibatkan pesawat Airbus A350-900 tersebut.

Menurut Iberia, retak pada hidung pesawat sudah bisa langsung diganti. Penumpang dan kru pun dipastikan selamat dan tak terdampak.

Meskipun begitu, Iberia mengaku jika saja burung menabrak satu atau dua meter lebih tinggi, dia akan menghantam kokpit dan mungkin menyebabkan masalah yang serius.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesawat madrid

Sumber : Tempo

Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top