Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Literasi Digital, Sucofindo Luncurkan E-Library untuk Sekolah

PT Sucofindo (Persero) meresmikan satu unit pustaka digital atau e-Library di Sekolah Islam Terpadu (SIT) Fitrah Hanniah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (19/10/2021).
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 19 Oktober 2021  |  14:13 WIB
Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Sucofindo Nuri Hidayat (kanan) dan Kepala SMK Islam Terpadu Fitrah Hanniah meresmikan e-Library di SIT Fitrah Hanniah, Bekasi, Jawa Barat. - Bisnis/Rayful Mudassir
Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Sucofindo Nuri Hidayat (kanan) dan Kepala SMK Islam Terpadu Fitrah Hanniah meresmikan e-Library di SIT Fitrah Hanniah, Bekasi, Jawa Barat. - Bisnis/Rayful Mudassir

Bisnis.com, JAKARTA – PT Sucofindo (Persero) meresmikan satu unit pustaka digital atau e-Library di Sekolah Islam Terpadu (SIT) Fitrah Hanniah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (19/10/2021).

Pustaka digital itu pertama kali diluncurkan perseroan untuk mendukung proses belajar siswa, baik di SDIT, SMPIT, maupun SMKIT secara digital dalam lingkungan SIT Fitrah Hanniah.

Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Sucofindo Nuri Hidayat mengatakan bahwa teknologi digital akan mendorong pembelajaran tetap berjalan bagi siswa. Pengadaan e-Library juga mendukung salah satu sustainability development goals (SDG’s) terkait pendidikan berkualitas.

“Tentunya hari ini semua siswa-siswa sudah tidak gaptek lagi mengenai gadget. Yang selama ini konvensional kami geser menggunakan e-book dan sebagainya,” katanya saat peresmian e-Library, Selasa (19/10/2021).

Peralatan pustaka digital tersebut masuk dalam salah satu program tanggung jawab sosial dan lingkungan Sucofindo. Satu unit e-Library tersebut merupakan pilot project perusahaan sebelum diperbanyak ke sejumlah institusi pendidikan lainnya.

Dia menuturkan, Sucofindo menyediakan peralatan berupa pustaka digital yang dapat diakses siapapun di lingkungan sekolah. Sementara itu, konten pustaka digital akan diisi oleh PT Balai Pustaka (Persero) bernama EduBP.

EduBP merupakan proyek transformasi pustaka dari konvensional menuju digitalisasi. Langkah tersebut akan mendorong para siswa untuk mendapatkan literasi digital yang lebih luas.

Selain pada unit yang disediakan, EduBP juga dapat diakses melalui komputer maupun gadget. Siswa dapat mengakses pustakadigital.id tanpa memerlukan paket data saat berada di lingkungan sekolah.

“Siswa dapat mengakses e-Library ini untuk membantu agar mereka aktif melakukan updating knowledge mencapai Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” terangnya.

Program perdana tersebut diharapkan dapat terus berlanjut kepada yayasan atau sekolah lain yang membutuhkan. Pada 2022, perusahaan berencana memetakan sekolah yang membutuhkan program itu.

Sementara itu, Kepala SMK Islam Terpadu Fitrah Hanniah Ika Nurdiati mengapresiasi langkah Sucofindo dan Balai Pustaka dalam mendukung literasi siswa di sekolah tersebut.

“Saat ini kami sudah melakukan simulasi dan Insyaallah akan menjadi sarana belajar anak di manapun berada, dan kapanpun akan difasilitasi," katanya.

Saat ini, penggunaan pustaka digital telah dihubungkan dengan gadget dan laptop. Pihak sekolah juga akan mengintegrasikan program tersebut pada tiap mata pelajaran.

“Insyaallah saat berada di area sekolah, siswa dan siswi dapat mengakses pustaka digital,” ujarnya.

Pustaka digital itu sendiri terdiri atas buku bacaan anak-anak sampai tingkat SMK/SMA. Selain itu buku yang disediakan telah berdasarkan ketentuan pembelajaran umum, dan sesuai dengan kurikulum terbaru 2013.

Selanjutnya, EduBP juga menyediakan konten buku sastra yang dapat diakses secara gratis. Terakhir adalah audio, video, dan film edukasi yang telah diisi oleh program tersebut.

“Tinggal kita pilih menunya, mau buku pembelajaran, buku sastra, buku umum, video, maupun audio sudah tersedia,” tuturnya. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sucofindo perpustakaan
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top