Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Arti Barisan Celeng, Pendukung Ganjar yang Bikin 'Ngamuk' Elit PDIP

Gambar celeng merah bertaring putih itu merupakan simbol dari semangat perjuangan demi kebenaran.
Simbol Barisan Celeng Berjuang/Tangkapan layar instagram/Edi
Simbol Barisan Celeng Berjuang/Tangkapan layar instagram/Edi

Bisnis.com, JAKARTA -- Barisan Celeng Berjuang dimotori oleh Wakil Ketua DPC PDIP Purworejo, Albertus Sumbogo. Mereka terdiri dari para pendukung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden (Capres) 2024. 

Albertus Sumbogo, sebagaimana dilansir dari Solopos, mangatakan bahwa anggapan sebagai celeng yang disematkan kepada pendukung Ganjar justru membakar semangat perlawanan.

“Teman-teman membuat satire atau meme itu selain tersinggung, prihatin tapi ada semangat perlawanan. Meskipun dianggap celeng tetap harus berjuang untuk kebenaran," seperti dikutip, Rabu (13/10/2021).

Logo Barisan Celeng Berjuang itu dibuat oleh Eko Lephex. Adapun gambar celeng merah bertaring putih itu merupakan simbol dari semangat perjuangan demi kebenaran.

Taring panjang pada gambar itu mewakili semangat perjuangan tanpa kenal takut. Warna merah mewakili keberanian memperjuangkan kebenaran. Sementara putih merupakan kebenaran hati nurani.

“Barisan celeng yaitu kita-kita kader PDIP yang ingin selalu berjuang untuk kebenaran demi besarnya partai mengusung Ganjar Pranowo presiden 2024,” jelas dia.

Adapun, dukungan terhadap Ganjar Pranowo tercatat mengalami tren kenaikan dan lebih tinggi dibandingkan dengan kader PDIP lainnya. Elektabilitas Ganjar bahkan hampir selalu di atas Puan Maharani.

Survei terkini Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan dukungan publik kepada Prabowo Subianto untuk menjadi presiden turun, sementara Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan tercatat naik.

Adapun Airlangga Hartarto, Ketua Umum Golkar yang baru-baru ini namanya disebut dalam Pandora Papers, hanya memiliki elektabilitas 0,5 persen.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan bahwa elektabilitas Prabowo cenderung mengalami penurunan dari hasil survei sebelumnya, sebaliknya elektabilitas Ganjar justru meningkat.

“Dukungan kepada Ganjar dalam simulasi semi terbuka meningkat dari 6,9 persen pada Maret 2020 menjadi 15,8 persen pada September 2021,” katanya dikutip dari YouTube SMRC TV, Kamis (7/10/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Sumber : Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper