Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Badan Pendidikan Selandia Baru Gelar Lokakarya Bagi Guru Indonesia

Titik berat studi tersebut yakni penggunaan piranti digital dalam pembelajaran.
Guru mengajar di kelas./Antara
Guru mengajar di kelas./Antara

Bisnis.com, JAKARTA- Education New Zealand menggelar lokakarya sains dan digital bagi para guru dari Indonesia. 

Menurut Direktur Regional Asia ENZ, Ben Burrowes, lokakarya ini menunjukkan niat Selandia Baru memperkenalkan atmosfir belajar di negaranya ke masyarakat di luar negara tersebut. ENZ merupakan badan pemerintah Negeri Kiwi untuk pendidikan internasional. 

“Matauranga maori, atau pengetahuan maori, adalah keunikan kami. Ini merupakan hal holistik dan merujuk pada pengetahuan, pengertian, dan pemahaman tentang semua hal yang kasat mata maupun tidak yang hadir dalam semesta – dan gunung berapi adalah bagian dari itu. Yang terpenting, dasar dari Matauranga Maori memandang pengetahuan yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran lisan,” tuturnya, Selasa (12/10/2021). 

Dia melanjutkan, lokakarya yang dibimbing oleh pengampu dari University of Canterbury telah memungkinkan para guru Indonesia untuk belajar bagaimana atmosfir belajar di Selandia Baru dan mengaplikasikannya ke dalam konteks pendidikan lokal dan masa kini, di mana alat-alat digital mulai memainkan peran yang lebih besar dalam pengajaran. 

“Kami berharap dapat terus menyelenggarakan lokakarya bersama seperti ini dengan para ahli kami di Selandia Baru dan para mitra kami di Indonesia,” ujarnya.

Dalam lokakarya ini, guru sains dari jaringan sekolah Cikal berkesempatan untuk belajar lebih jauh dalam menggunakan alat-alat digital untuk menyusun pelajaran sains yang lebih efektif dan melibatkan siswa pada akhir pekan lalu. Mereka dibimbing oleh kandidat doktor dari jurusan GeoEducation di University of Canterbury.

Memanfaatkan kesamaan geografis New Zealand dan Indonesia dalam hal gunung berapi,  Saha berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan 50 peserta lokakarya tentang penggunaan sumber daya digital melalui hasil kerjanya tentang gunung berapi Caldera.

Para guru diperkenalkan pada serangkaian alat digital untuk mengajar sains, dengan fokus pada gunung berapi. Alat-alat digital ini termasuk karya wisata virtual, platform daring, dan penceritaan digital yang dapat meningkatkan kualitas kurikulum sains lebih jauh bagi para siswa.

“Merupakan sebuah kesempatan yang luar biasa untuk merancang dan mengadakan lokakarya ini untuk guru-guru di Indonesia. Selama lokakarya, kami berhasil mendiskusikan ide-ide tentang beragam cara untuk mengintegrasikan informasi dan teknologi komunikasi ke dalam kelas-kelas yang berbeda – dengan memperhatikan bahwa tujuan utama pelajaran-pelajaran ini adalah bukan hanya untuk membuat belajar menjadi menyenangkan dan penuh arti bagi mereka, namun juga untuk memuaskan rasa haus mereka akan ilmu semampu kami,” papar Saha.

Lokakarya ini juga mendorong para guru untuk mengembangkan kegiatan yang dikontekstualisasikan dalam karya wisata virtual yang dapat digunakan dalam pelajaran sains mereka. Selain itu, para guru yang tertarik dapat memilih untuk membuat rencana pelajaran penceritaan digital berdasarkan pembelajaran dari lokakarya dan mengumpulkan video-video pendek yang memamerkan hasil-hasil kunci mereka.

“Saya senang dapat berpartisipasi dalam lokakarya ini pada masa interaksi tatap muka saya dengan para siswa terbatas, menggunakan alat-alat digital dalam pelajaran saya akan berguna dalam membuat pembelajaran menjadi interaktif dan dapat diakses. Saya berharap dapat mendengar dari para siswa saya sendiri tentang bagaimana menurut mereka alat-alat digital telah membantu pembelajaran dan pemahaman mereka tentang gunung berapi, dan sains secara umum,” ujar Novy Morriska, Programm Manager for Science di Sekolah Cikal

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper