Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alex Noerdin & Azis Syamsuddin, Duo Elit Golkar 'Terjerat' Kasus Korupsi

Gokkar akan memberikan pendampingan dan bantuan hukum yang memadai kepada Anggota Komisi VII DPR Frkasi Golkar Alex Noerdin.
Partai Golkar/Antara
Partai Golkar/Antara

Sikap Golkar

Ketua DPP Partai Golkar Bidang Hukum dan HAM, Adies Kadir mengatakan partainya akan memberikan pendampingan dan bantuan hukum yang memadai kepada Anggota Komisi VII DPR Fraksi Golkar Alex Noerdin yang jadi tersangka atas dugaan kasus korupsi di sebuah badan usaha milik daerah (BUMD).

Mantan Gubernur Sumatera Selatan itu resmi ditahan oleh pihak penyidik Kejaksaan Agung RI. Kejagung sempat mengusut kasus BUMD yang bergerak di bidang Pertambangan dan Energi Sumatera Selatan pada periode kepemimpunan 2010-2019.

Adies menambahkan bahwa bantuan hukum sifatnya tak hanya diberikan kepada satu dua kader saja akan tetapi diberikan kepada seluruh kader Golkar ketika berhadapan dengan hukum. Hal itu, ujarnya, sebagai komitmen kuat partai Golkar terhadap kader-kadernya.

"Tentunya Partai Golkar akan memberikan bantuan hukum melalui Bakumham Partai Golkar, apabila ada kadernya yang membutuhkan bantuan hukum terkait kasus apapun," kata Adies.

Adapun terkait kasus hukumnya, Adies kembali menegaskan, partai Golkar berpedoman pada azas praduga tidak bersalah sampai ada putusan hukum yang berkekuatan hukum tetap.

Mengomentari peristiwa tersebut, Adies mengaku terkejut dan prihatin atas status Alex Noerdin saat ini.

"Partai Golkar sangat prihatin atas musibah yang menimpa kolega kami, karena hal ini sangat mendadak sekali. Tapi kami partai Golkar tetap menghormati proses hukum yang sedang berjalan," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu.

Sementara itu dalam kasus Azis Syamsuddin, sejumlah elit Golkar meminta publik untuk mengedepankan azas praduga tak bersalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Kasus Azis Syamsuddin
Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper