Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Siapkan 35 Asrama dan Rusun untuk PON XX di Papua

Pemerintah membuat kebijakan agar asrama atlet dibangun di tempat yang nantinya akan bisa digunakan lebih lanjut setelah PON.
PON Papua/Antara
PON Papua/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah telah menyiapkan asrama dan rusun untuk memfasilitasi para atlet dan delegasi selama ajang PON XX Papua berlangsung.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan total ada 35 asrama dan rusun yang disediakan pemerintah pusat yang tersebar di seluruh wilayah penyelenggaraan PON.

"Ini memang bagian dari kebijakan pemerintah untuk menyiapkan asrama atlet dalam rangka PON di Papua ini. Ada 35 yang dibangun di semua tempat, mulai dari Kabupaten dan Kota Jayapura, Merauke, dan Timika," kata Muhadjir, Kamis (9/9/2021) dikutip dari laman resmi Kemenko PMK.

Namun, dia menegaskan bahwa pemerintah pusat telah membuat kebijakan agar asrama atlet itu dibangun di tempat yang nantinya akan bisa digunakan lebih lanjut setelah PON. Antara lain, seperti asrama yang dibangun di lingkungan Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT), Kota Jayapura.

"Jadi, agar bangunan ini tidak mubazir dan termanfaatkan dengan baik pasca PON. Nantinya pun akan langsung diambil alih, dihibahkan kepada pimpinan STFT untuk dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk kepentingan pendidikan di STFT," ujarnya.

Lebih lanjut, Muhadjir berharap vaksinasi Covid-19 di Papua bisa mencapai 80 persen menjelang gelaran PON XX pada 2-15 Oktober 2021.

Dia menjelaskan, di samping untuk pengendalian kasus, percepatan vaksinasi Covid-19 juga dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan PON XX yang akan dihelat di Papua.

"Saya mohon partisipasi seluruh warga Papua untuk mempercepat vaksinasi karena sekarang ini masih 51 persen untuk wilayah Papua. Kalau bisa sampai 80 persen saat PON terjadi," kata Muhadjir dikutip dari laman resmi Kemenko PMK, Kamis (9/9/2021).

Menurutnya, percepatan vaksinasi sangat penting agar masyarakat dapat dimungkinkan untuk menyaksikan pertandingan dan mendukung para atlet secara langsung di setiap venue yang ada di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Timika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper