Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyelesaian Kasus Kepailitan Tak Melulu Soal Penegakan Hukum

Penyelesaian perkara kepailitan sedikit berbeda dengan penyelesaian perkara hukum lainnya yang mengedepankan penegakan hukum. Dalam penyelesaian perkara kepailitan, keadilan atau solusi terbaik bagi debitur maupun kreditur menjadi hal yang paling utama.
Majelis Hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat menggelar sidang perkara permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) di Jakarta, Kamis (8/11/2018). -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Majelis Hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat menggelar sidang perkara permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) di Jakarta, Kamis (8/11/2018). -Bisnis.com/Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang sudah melanda dunia lebih dari satu tahun telah memukul perekonomian nasional, khususnya sektor-sektor yang berkaitan langsung dengan aktivitas sosial dan mobilitas manusia seperti transportasi, pariwisata, dan hiburan.

Pembatasan sosial yang diterapkan oleh untuk menekan penyebaran virus tentunya berdampak pada operasional perusahaan di sektor-sektor tersebut.

Ada yang operasionalnya hanya dibatasi, tetapi ada juga yang harus dihentikan sepenuhnya. Tentunya kondisi tersebut berdampak pada berkurangnya pendapatan yang pada akhirnya mengganggu arus kas perusahaan.

Alhasil, sejak awal pandemi Covid-19 kabar mengenai pailitnya suatu perusahaan datang silih berganti. Banyak perusahaan yang gagal memenuhi kewajiban pembayaran pinjaman lantaran kondisi keuangannya sedang tidak baik-baik saja.

Kondisi tersebut tercermin dari statistik perkara kepailitan dan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) yang dipublikasikan oleh lima pengadilan niaga (PN) di Indonesia, yakni PN Jakarta Pusat, PN Medan, PN Semarang, PN Surabaya dan PN Makassar.

Dari statistik tersebut diketahui bahwa perkara kepailitan naik 6,06 persen dari 124 permohonan pada 2019 menjadi 132 perkara pada 2020. Sementara itu, perkara PKPU meningkat tajam hingga 36,28 persen dari 425 permohonan pada 2019 menjadi 667 permohonan pada 2020.

Co-Founder sekaligus Managing Partner Kantor Advokat Siahaan Gea Jesconiah Siahaan tak menampik bahwa perkara kepailitan dan PKPU yang pihaknya tangani mengalami peningkatan signifikan sejak tahun lalu.

PKPU menjadi pilihan lantaran dianggap sebagai metode penyelesaian yang relatif singkat dan mampu mengurangi risiko kerugian kreditur dalam kondisi tertentu.

“Kalau pailit, belum tentu seluruh aset dari debitur cukup untuk melunasi utangnya apabila dijual. Apalagi penjualan aset-aset dari hasil sita umum dijual dengan harga likuidasi yang jauh lebih rendah dari harga pasar. Recovery rate atau pengembalian utang di Indonesia itu rendah banget, kurang dari 30 persen. Artinya, kreditur malah rugi kalau debitur dipailitkan,” karay kepada Bisnis belum lama ini.

Walaupun demikian, bukan berarti pailit tak layak dijadikan pilihan untuk menyelesaikan sengketa. Dalam beberapa kasus, kreditur justru berupaya keras mencari celah untuk mempailitkan debitur dengan pertimbangan besarnya aset yang dimiliki dan keberadaan pembeli aset.

Dalam beberapa kasus, menurut Jesco, demikian sapaan akrabnya, beberapa debitur akhirnya harus kehilangan asetnya lantaran salah langkah dalam proses persidangan. Sebagian besar diantaranya diketahui tak didampingi oleh advokat yang spesialisasinya menangani perkara kepailitan selama menjalani proses tersebut.

“Disitulah peran penting dari advokat dalam menangani perkara kepailitan, terutama dari sisi debitur. Agar tidak salah langkah dan akhirnya malah merugikan. Karena perkara ini boleh dikatakan bukan hal yang mudah dipahami, terutama oleh orang awam atau yang spesialisasinya bukan di bidang ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, menurut Jesco penyelesaian perkara kepailitan juga sedikit berbeda dengan penyelesaian perkara hukum lainnya yang mengedepankan penegakan hukum. Dalam penyelesaian perkara kepailitan, keadilan atau solusi terbaik bagi debitur maupun kreditur menjadi hal yang paling utama.

Dia menyebut dalam beberapa kasus yang pernah ditemuinya beberapa kreditur malah mati-matian mengupayakan agar debitur mereka tak mengalami pailit dengan berbagai cara. Kasus lain yang pernah dia temui dan tak kalah menarik adalah kedatangan investor saat debitur sudah dinyatakan pailit dan aset-asetnya siap untuk dibereskan oleh kurator.

Tentu saja, kedatangan investor menjadi angin segar bagi para kreditur. Namun, di sisi lain, berdasarkan Pasal 16 UU Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (UU Kepailitan), kewenangan kurator melakukan pengurusan dan/atau pemberesan dimulai sejak tanggal putusan pailit diucapkan meskipun terhadap putusan tersebut diajukan kasasi atau peninjauan kembali oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

“Inilah keunikannya dari perkara kepailitan, mencari win-win solution, tak semata-mata menegakkan hukum. Ada kasus yang akhirnya menggunakan quasi peradilan atau membuat peradilan sendiri untuk PKPU kedua tanpa melibatkan PN. Tentu saja dicari oleh advokat dimana celahnya untuk melakukan hal tersebut tanpa melanggar [hukum],” ungkap Jesco.

Lebih lanjut, terkait dengan peran advokat dalam penyelesaian perkara kepailitan dari sisi kreditur, menurut Jesco tak sekadar mengajukan permohonan pernyataan pailit ke PN dan mewakili kreditur melakukan upaya hukum lainnya. Advokat juga berperan menyelidiki bagaimana kondisi keuangan debitur dan mencari tahu keberadaan kreditur lainnya sebelum mengajukan permohonan pernyataan pailit ke PN.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah menyelidiki apa dan dimana saja aset-aset yang dimiliki oleh debitur untuk mengajukan permohonan pernyataan pailit ke PN atau melakukan upaya hukum lainnya. Bagi perusahaan terbuka atau perusahaan publik hal ini tentu saja tak begitu sulit, akan tetapi untuk perusahaan tertutup mengetahui seluruh aset dan kondisi keuangannya jelas bukan perkara mudah.

“Lagi-lagi disinilah peran penting dari advokat yang spesialisasinya menyelesaikan perkara kepailitan sangat penting. Mencari siapa kreditur lain yang bisa diajak untuk mengajukan perkara pailit dan mengetahui aset-aset debitur ini agar nantinya tak salah langkah dan malah merugikan kreditur itu sendiri,” paparnya.

Adapun, untuk tantangan yang selama ini dihadapi dalam menyelesaikan perkara kepailitan, Jesco menyebut tak jauh-jauh dari ketidakpahaman pihak yang terlibat dalam perkara. Pihak yang berperkara, terutama debitur kerapkali tidak memahami bagaimana mekanisme penyelesaian perkara kepailitan.

Contoh kasus adalah debitur menggugat kurator yang melaksanakan tugasnya membereskan aset-aset setelah putusan pailit dinyatakan oleh PN. Mereka dianggap melakukan perbuatan tidak menyenangkan atau telah memasuki pekarangan atau aset milik pihak lain tanpa izin.

Walaupun demikian, Jesco tak menampik bahwa ada kurator yang nakal dan akhirnya merugikan kreditur maupun debitur. Jika memang terjadi seperti demikian, Jesco meminta pihak yang dirugikan untuk segera melapor ke pihak berwajib.

“Umumnya kasus ini penggelapan, barang yang seharusnya akan dibereskan tiba-tiba tidak ada. Bisa dilaporkan ke dewan kehormatan dan kepolisian. Kemudian jika debitur atau kreditur merasa keberatan dengan kurator tertentu bisa meminta pergantian juga,” ungkapnya.

Tantangan lain yang harus dihadapi oleh advokat dalam penyelesaian perkara kepailitan adalah menghindari penyalahgunaan PKPU oleh pihak tertentu agar terbebas dari hukuman pidana. Menurut Jesco, penyalahgunaan ini kerap kali dilakukan oleh pengurus koperasi yang menggelapkan dana kelolaan agar tak terjerat hukuman pidana apabila dituntut oleh para anggotanya.

“Kasusnya biasa terjadi pada koperasi, PKPU ini disalahgunakan oleh para pengurus. Agar mereka bebas dari jeratan pidana dan bisa mengulur tanggung jawab mereka kepada anggota. Uangnya digelapkan tetapi alasannya investasinya yang mereka lakukan gagal atau tidak menghasilkan,” tutupnya.

Sementara itu, Hakim Yustisial, Badan Penelitian, Pengembangan, Pendidikan, Pelatihan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung (MA) Marsudin Nainggolan menuturkan, terdapat sejumlah asas yang dipenuhi dalam penyelesaian perkara. Adapun, inti dari asas-asas tersebut adalah keadilan bagi seluruh pihak yang terlibat dalam perkara, baik kreditur maupun debitur serta mendukung jalannya investasi dan bisnis.

Oleh karena itu, apa yang dilakukan oleh Jesco dan advokat lain yang spesialisasinya adalah perkara kepailitan tentunya tak bisa serta merta mengedepankan penegakan hukum semata. Ada kelangsungan usaha yang perlu dijaga dalam penyelesaian perkara tersebut.

“Asas mendorong investasi dan bisnis, memberikan manfaat perlindungan yang seimbang bagi kreditur dan debitur. Putusan pernyataan pailit tidak dapat dijatuhkan kepada debitur yang masih solven [sehat]. Persetujuan pailit harus disetujui oleh para kreditur mayoritas,” tuturnya.

Kemudian asas-asas lain yang harus dipenuhi dalam penyelesaian perkara asas keadaan dia, mengakui hak separatis kreditur pemegang hak jaminan, membuat proses putusan pernyataan pailit tidak berkepanjangan dan terbuka untuk umum. Kemudian asas pengurus perusahaan debitur yang mengakibatkan pailit harus bertanggung jawab pribadi, memberikan restrukturisasi utang sebelum diambil keputusan pailit kepada debitur yang masih memiliki usaha prospektif.

“Terakhir adalah asas perbuatan-perbuatan yang merugikan harta pailit adalah tindak pidana,” lanjutnya.

Adapun, dalam UU Kepailitan terdapat empat asas yang harus dipenuhi dalam penyelesaian perkara kepailitan. Asas pertama adalah keseimbangan atau pencegahan debitur yang tidak jujur dan kreditur yang tidak punya itikad baik. Kemudian asas kedua adalah kelangsungan berusaha atau keberlangsungan perusahaan debitur yang prospektif.

Selanjutnya atau ketiga adalah asas keadilan atau mencegah kesewenang-wenangan penagihan. Keempat adalah asas integrasi atau satu kesatuan sistem hukum perdata dan hukum perdata nasional.

‘Untuk penyelesaian atau pemberesan harus dilakukan secara adli, cepat, terbuka, dan efektif,” tutupnya.

Advokat/Founding Partner dari Firma Hukum Sidqi & Sidqi Advocates Sexio Yuni Noor Sidqi mengatakan PKPU menjadi metode penyelesaian sengketa utang atau piutang oleh pelaku usaha, khususnya di masa pandemi Covid-19. Hal tersebut menurutnya tak terlepas dari upaya menekan kerugian, baik dari sisi debitur maupun kreditur.

Selain itu, sifat PKPU yang mengikat tidak hanya kepada satu kreditur juga menjadi alasan mengapa metode penyelesaian sengketa ini marak dilakukan selama satu tahun terakhir. Debitur tidak perlu mendatangani satu per satu kreditur untuk melakukan negosiasi pembayaran kewajiban utang mereka.

“PKPU ini banyak dipilih di masa pandemi Covid-19 karena memang jadi solusi tidak hanya bagi debitur, tetapi juga kreditur. Kalau pailit pemberesan, penjualan aset-aset pihak yang pailit juga tidak mudah dilakukan di masa seperti saat ini. Recovery rate atau pengembalian [pinjaman] lewat kepailitan 60% kepada kreditur itu sudah sangat bagus. Saat ini, untuk lelang barang-barang sita umum pailit harganya saja diturunkan 20-30% dari nilai pasar karena memang daya belinya sedang kurang baik,” ungkapnya.

Sejauh ini, beberapa lembaga keuangan termasuk diantaranya adalah perbankan membuka opsi PKPU kepada pada krediturnya yang sedang mengalami kesulitan keuangan akibat pandemi Covid-19. Opsi tersebut diikuti dengan pemberian masa tenggang pembayaran dan penyusunan kembali kesepakatan pembayaran baik tenor maupun jumlah cicilan pembayaran.

Tentu saja, opsi tersebut harus didahului oleh proposal pengajuan dari debitur yang menjelaskan tentang kondisi perusahaan mereka dan bagaimana proyeksi bisnisnya ke depan pascapandemi Covid-19.

“Dalam [proses] PKPU, debitur besar seringkali menggunakan jasa penasihat keuangan tidak hanya advokat agar proposal pengajuan PKPU mereka bisa diterima oleh debitur. Tentunya asalkan pengajuannya wajar, tenor tidak terlalu panjang dan masa tenggannya juga tidak terlalu lama,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper