Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kenapa Hujan Terus Meski Musim Kemarau? Begini Penjelasan BMKG

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa kondisi saat ini telah diprediksi badan tersebut sejak Maret 2021. Apa penyebabnya?
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 26 Agustus 2021  |  11:50 WIB
Kenapa Hujan Terus Meski Musim Kemarau? Begini Penjelasan BMKG
Arsip - Kepala BMKG Dwikorita Karnawati - bmkg.go.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan perihal sejumlah wilayah yang mengalami hujan di tengah musim kemarau.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa kondisi saat ini telah diprediksi badan tersebut sejak Maret 2021. Tahun ini Indonesia disebut mengalami kemarau basah.

Dia menjelaskan bahwa sebagian wilayah saat ini mengalami kekeringan panjang hingga lebih 60 hari terutama di selatan Khatulistiwa.

Sementara itu musim hujan terjadi di wilayah utara dan barat khatulistiwa hingga menyebabkan banjir, banjir bandang dan longsor. Kenapa hal ini terjadi?

Kata dia, kondisi iklim Indonesia selalu dipengaruhi oleh banyak faktor. Di antaranya, iklim kita sangat dipengaruhi oleh dua samudra besar yaitu Samudra Pasifik dan Hindia serta Benua Australia dan Benua Asia.

“Hal itu yang mengakibatkan kompleksitas dan perubahan [iklim] yang sering berubah dinamis namun mengikuti siklus,” katanya saat konferensi pers virtual, Kamis (26/8/2021).

Lebih lanjut, Dwikorita menyebut ada kalanya kemarau, kemudian musim hujan namun disertai siklus, bahkan seruak udara dingin sampai anomali el Nino dan la Nina. Kondisi ini terus berganti.

Meski begitu akhir-akhir ini, kata dia, berbagai fenomena itu dapat terjadi bersamaan dan saling menguatkan. Padahal pada masa lalu, siklus tidak pernah terjadi bersamaan, namun bergantian.

“Sehingga itulah yang memperngaruhi dinamika iklim musim dan cuaca di Indonesia kenapa begitu dinamis tidak seperti cuaca negara yang di benua,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG Cuaca Indonesia
Editor : Oktaviano DB Hana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top