Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Layanan Kesehatan BP2MI Kepada Pekerja Migran, Taspen Serahkan 4 Unit Ambulans

PT Taspen mengadakan program corporate social responsibility CSR berupa penyerahan 4 unit mobil ambulans dan keranda jenazah kepada Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) guna mendukung kegiatannya dalam pelayanan kesehatan, khususnya bagi pekerja migran.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, disela penyerahan 4 unit mobil ambulans PT Taspen kepada Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Senin (23/8)/Dok.Taspen
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, disela penyerahan 4 unit mobil ambulans PT Taspen kepada Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Senin (23/8)/Dok.Taspen

Bisnis.com, JAKARTA – Guna memperingati HUT RI ke-76 dan melanjutkan program Taspen Untuk Indonesia, PT Taspen mengadakan program corporate social responsibility CSR berupa penyerahan 4 unit mobil ambulans tipe standar multifungsi dan keranda jenazah kepada Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) guna mendukung kegiatannya dalam pelayanan kesehatan, khususnya bagi pekerja migran.

Acara penyerahan ambulans dihadiri langsung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Kepala Badan BP2MI Benny Rhamdani beserta jajaran, Komisaris Utama PT Taspen Suhardi Alius dan Direktur Utama PT TASPEN A.N.S Kosasih beserta jajaran di Kantor BP2MI, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (23/8). 

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, Kementerian BUMN hadir bagi para pekerja migran melalui berbagai aksi nyata, mulai dari penjemputan, penyediaan alternatif pembiayaan yang ringan, serta penyediaan fasilitas kesehatan bagi pekerja migran dan keluarganya.

"BUMN tidak ingin hanya menjadi menara gading tetapi ingin selalu hadir untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Hari ini BUMN hadir untuk mewujudkan Indonesia Sehat agar bisa tercipta Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh." ujarnya 

Direktur Utama Taspen A.N.S Kosasih mengatakan, Taspen berkomitmen mengusung semangat BUMN Untuk Indonesia dalam setiap program tanggung jawab sosialnya.

"Program penyerahan mobil ambulans kali ini merupakan bentuk partisipasi aktif kami dalam memberikan kepedulian dan dukungan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat, khususnya bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan keluarganya melalui BP2MI," ujarnya.

Program CSR ambulans yang bertepatan dengan peringatan 76 tahun kemerdekaan Republik Indonesia ini diharapkan dapat menjadi pemicu untuk menyebarkan kebaikan bagi lingkungan sekitar.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengatakan, setiap tahun pihaknya sudah menangani 859 jenazah PMI dan 1142 yang sakit Namun, dalam penanganannya, hanya bisa menyediakan ambulans melalui sewa atau kontrak dan itupun hanya untuk para PMI tidak termasuk keluarganya.

"Hari ini kerjasama antara BP2MI dan BUMN melalui PT TASPEN  menunjukkan komitmen negara dan membuktikan bahwa negara hadir untuk PMI beserta keluarganya dimana PMI adalah pahlawan devisa yang layak mendapatkan kehormatan negara," ujarnya.

Komisaris Utama Taspen Suhardi Alius mengatakan, semoga bantuan mobil ambulans dari Taspen kali ini dapat bermanfaat bagi BP2MI dalam membantu masyarakat termasuk PMI dan keluarganya. "Kami berharap kerja sama antara Taspen dan BP2MI dapat terus terjalin dengan baik," ujarnya.

Selama masa pandemi, Taspen telah berpartisipasi secara aktif dan konsisten membantu pemerintah mempercepat penanganan Covid-19 melalui kegiatan CSR. Sebelumnya, Taspen telah menyerahkan bantuan mobil ambulans kepada beberapa instansi, di antaranya Polri dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Maret 2021.

Selain itu, Taspen juga secara aktif mendukung Program Vaksinasi Nasional melalui beberapa kegiatan vaksinasi untuk lansia dan dewasa di seluruh Indonesia dengan menggandeng berbagai ikatan alumni sekolah dan perguruan tinggi, pada Mei, Juni, dan Juli 2021.

Sementara itu, pada pertengahan Juli 2021, Taspen mengadakan kegiatan vaksinasi gratis untuk anak-anak usia 12 hingga 17 tahun yang bekerja sama dengan Kementerian Agama, berbagai komunitas, lembaga, dan organisasi. 

Di samping kepedulian kepada kesehatan masyarakat, Taspen juga berkomitmen dalam memperhatikan kondisi kesehatan karyawannya dengan menggelar program Vaksinasi Gotong Royong untuk sekitar 11.000 karyawan Taspen Group dan keluarganya pada Juni dan Juli 2021. Selanjutnya, bertepatan dengan awal tahun 1443 Hijriah, Taspen memberikan dukungan senilai Rp200 juta untuk pembangunan Masjid Walidah Dahlan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

"Kami akan terus berkomitmen secara nyata mengimplementasikan program CSR berkelanjutan kepada peserta dan masyarakat untuk meningkatkan nilai ekonomi dan sosial Indonesia," kata A.N.S Kosasih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper