Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Singapura Pertimbangkan Program Percontohan bagi Wisatawan yang Divaksinasi

Pembukaan kembali yang lebih luas akan tergantung pada negara-negara di seluruh dunia yang mengendalikan pandemi.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 17 Agustus 2021  |  09:58 WIB
Bianglala di Singapura
Bianglala di Singapura

Bisnis.com, JAKARTA - Singapura sedang mempertimbangkan program percontohan untuk memungkinkan kelompok wisatawan yang divaksinasi memasuki negara itu, disertai rencana perjalanan yang dikontrol secara hati-hati, saat bergerak menuju pembukaan kembali perbatasannya.

Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong mengatakan pihaknya terus mengamati perkembangan di negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan sebagainya untuk menjajaki kemungkinan membuka perbatasan.

"Negara ini mungkin mulai dengan pengaturan percontohan untuk pelancong yang dikemas dengan gelembung untuk mencegah penularan penyakit, terutama untuk pengunjung yang divaksinasi," kata Gan, dilansir Bloomberg, Selasa (17/8/2021).

Namun dia memperingatkan, pembukaan kembali yang lebih luas akan tergantung pada negara-negara di seluruh dunia yang mengendalikan pandemi.

"Penting bagi kita untuk mengingat bahwa infeksi akan terus berlanjut sampai seluruh dunia aman, dan juga kita harus ingat bahwa vaksin hari ini, meskipun sangat efektif melawan penyakit parah, agak kurang efektif untuk mencegah penularan," ujarnya.

Negara kota itu bertujuan untuk melonggarkan lebih banyak pembatasan, termasuk mulai mengizinkan perjalanan bebas karantina pada September, ketika 80 persen populasinya diperkirakan akan divaksinasi sepenuhnya. Tingkat inokulasi yang tinggi akan memungkinkan pihak berwenang untuk melonggarkan tindakan.

Karena tingkat vaksinasi penuh Singapura meningkat lebih jauh dari 76 persen saat ini, yang merupakan salah satu yang terbaik di dunia menurut Pelacak Vaksin Bloomberg, pemerintah telah memberikan beberapa tanda tentang seperti apa pembukaan kembali yang hati-hati hingga akhir tahun.

Pada saat yang sama, Singapura telah bekerja untuk mengendalikan kelompok kasus baru-baru ini dan menahan jumlah rawat inap yang serius pada tingkat yang dapat dikelola.

Sebagai bagian dari strategi untuk memperlakukan Covid sebagai endemik pada tahun-tahun mendatang, Singapura awal bulan ini menyetujui beberapa pelonggaran pembatasan terkait virus untuk orang yang divaksinasi, termasuk makan di restoran dalam kelompok lima orang untuk mereka yang diinokulasi penuh. Pemerintah akan mengumumkan pelonggaran aturan kerja dari rumah minggu ini.

Pelonggaran pembatasan datang pada saat yang bergejolak bagi wilayah yang memerangi varian delta. Serangkaian data ekonomi China yang mengecewakan, menambah tanda-tanda bahwa kekuatan perdagangan Asia dapat kehilangan salah satu jalur kehidupan ekonominya.

Singapura pekan lalu meningkatkan perkiraan PDB 2021 menjadi 6 persen 7 hingga, didasarkan pada pemulihan global yang stabil dan pelonggaran lebih lanjut pembatasan perbatasan dan domestik hingga akhir tahun. Gan mengatakan bahwa dia yakin Singapura akan mencapai proyeksi ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata singapura ekonomi singapura
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top