Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Turki Alami Kebakaran Hutan, Tagar #PrayForTurkey Ramai di Twitter

Rekaman yang beredar menunjukkan gumpalan asap hitam membubung dari hutan di sekitar Manavgat, 75 km (45 mil) timur kota resor Antalya.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 30 Juli 2021  |  10:43 WIB
Tangkapan layar video yang menunjukkan para turis di pesisir Antalya tampak mengemasi barang setelah api yang membakar hutan pinus di wilayah tersebut kian membesar - Twitter
Tangkapan layar video yang menunjukkan para turis di pesisir Antalya tampak mengemasi barang setelah api yang membakar hutan pinus di wilayah tersebut kian membesar - Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Dukungan terhadap Turki menggema di media sosial Twitter, Jumat (30/7/2021) akibat kebakaran hutan yang melanda wilayah Selatan negara tersebut setidaknya dalam dua hari terakhir.

Hingga berita ini dituliskan, setidaknya ada hampir 350.000 unggahan di Twitter dengan tanda pagar atau tagar dukungan kepada Turki yakni #PrayForTurkey.

Umumnya warganet mengunggah foto soal kebakaran hebat yang terjadi di negara Eropa tersebut dengan kalimat dukungan dan harapan untuk penanganan bencana tersebut.

Dilansir Channel News Asia, Kamis (29/7/2021), kebakaran hutan secara masif itu terjadi di Turki selatan dan menyebar ke kota Manavgat akibat kencang pada hari Rabu waktu setempat.

Rekaman yang beredar menunjukkan gumpalan asap hitam membubung dari hutan di sekitar Manavgat, 75 km (45 mil) timur kota resor Antalya. Api dilaporkan telah menyebar hingga ke pusat kota, di mana banyak bangunan terdampak.

Wali Kota Antalya Muhittin Bocek mengatakan, api mulai berkobar di empat titik berbeda. Dia mengatakan kepada Haberturk empat lingkungan telah dievakuasi tetapi belum ada laporan tentang korban.

Pihak berwenang tidak dapat segera menginformasikan apa yang menyebabkan kebakaran tersebut. Otoritas setempat masih berjuang memerangi api dengan pesawat pemadam kebakaran, 19 helikopter, 108 kendaraan dan sekitar 400 personel.

Badan penanggulangan bencana Turki (AFAD) mengatakan tim darurat dari provinsi terdekat juga dipanggil untuk bertindak, sedangkan pihak berwenang mengevakuasi pemukiman di dekat hutan.

Sebagai catatan, Antalya menjadi tujuan populer bagi turis asing dan lokal pada musim panas. Adapun, kebakaran itu terjadi saat Turki masih berjuang melawan serangkaian bencana yang disebabkan oleh kondisi cuaca ekstrem dalam beberapa pekan terakhir.

Awal bulan ini, banjir bandang di provinsi Laut Hitam Rize dan Artvin merusak rumah dan properti. Banjir tersebut menewaskan enam orang di Rize, menurut AFAD.

Sementara itu, dilansir Euronews, sedikitnya tiga orang tewas di Turki selatan saat dua kebakaran hutan berkobar di dekat kawasan pantai wisata tersebut.

Puluhan orang lainnya juga dirawat di rumah sakit dengan luka bakar setelah api melalap rumah-rumah di distrik Kalemler.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

turki kebakaran hutan
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top