Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Baru Dirilis, Ini Konten yang Bisa Diakses di Website Iklim BMKG

Website Iklim diluncurkan BMKG dalam rangka mengangkat produk-produk iklim dan kualitas udara agar dapat lebih mudah ditemukan, diakses untuk segala lapisan masyarakat.
Prakiraan Cuaca
Prakiraan Cuaca

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melahirkan telah meluncurkan laman resmi atau situs 'website iklim', Rabu (28/7/2021), untuk mendukung keselamatan dan kesejahteraan masyarakat.

Deputi bidang Klimatologi BMKG Herizal menjelaskan inovasi ini diluncurkan dalam rangka mengangkat produk-produk iklim dan kualitas udara agar dapat lebih mudah ditemukan, diakses untuk segala lapisan masyarakat.

"Lonsep dari web ini adalah untuk memberdayakan seluruh SDM pada Kedeputian klimatologi sebagai developer web dan konten produk informasi pada operasionalisasinya, sehingga dapat mengefisienkan atau meminimalisisr kebutuhan anggaran dan kebergantungan pada vendor penyedia," ujarnya dalam keterangan resmi BMKG.

Selain itu, Herizal menjelaskan portal ini dibuat untuk mengintegrasikan referensi pemberian informasi untuk publik ke depannya.

"Sehingga antara Pusat dan UPT bisa menampilkan serta mendiseminasikan produk - produk unggulannya melalui web klimatologi ini", ungkap Herizal.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bersyukur dengan adanya web iklim itu. Pasalnya, masyarakat akan semakin dimudahkan dengan hadirnya kanal media terbaru yang lebih spesifik di bidang iklim dan kualitas udara.

"Saat ini Indonesia menghadapi bencana Hidrometeorologis selama 10 tahun belakangan ini yang menyebabkan kerugian di bidang ekonomi dan sosial yang cukup besar, maka portal ini bisa dijadikan sebagai rujukan dan bahan literasi bagi masyarakat luas dalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap mitigasi bencana, sehingga potensi iklim di sekitar mereka bisa ditingkatkan untuk kesejahteraan masyarkat ke depannya," tambah Dwikorita.

Sebagai informasi, konten yang bisa diakses melalui web ini di antaranya Peta informasi partikulat air hujan, Peta jaringan pengamatan iklim dan KU, Peta anomali suhu, Peta proyeksi perubahan iklim, Peta proyeksi perubahan curah hujan serta Peta ekstrem perubahan iklim.

Selain informasi tersebut, website iklim juga menyajikan informasi kegiatan sekolah lapang iklim yang diselenggarakan di seluruh wilayah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper