Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lapor Covid-19: 451 Pasien Covid-19 Meninggal saat Isoman, Provinsi Ini Tertinggi

LaporCovid-19 menyampaikan 451 pasien terkonfirmasi Covid-19 meninggal dunia saat menjalani isolasi mandiri (isoman). Simak data selengkapnya!
Tim Dekontaminasi dan Pemakaman Satgas Covid-19 Kabupaten Sleman memakamkan jenazah pasien Covid-19./Antara
Tim Dekontaminasi dan Pemakaman Satgas Covid-19 Kabupaten Sleman memakamkan jenazah pasien Covid-19./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – LaporCovid-19 mengungkap ada 451 pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia saat isolasi mandiri (isoman). 

Inisiator dan relawan data LaporCovid-19 Ahmad Arif mengatakan kasus kematian pasien isoman terjadi di 12 provinsi. Jawa Barat menjadi provinsi dengan kasus kematian pasien isoman terbanyak dengan 160 kasus. 

“Sampai tadi malam, [11/7/2021] ada 451 pasien yang terlacak dan terlaporkan meninggal di berbagai daerah di Indonesia. Kami temukan terbanyak, sejauh ini, di Jawa Barat sekitar 160 pasien isoman yang meninggal,” kata Arif dalam konferensi pers virtual, Senin (12/7/2021). 

Dia mengungkapkan laporan mengenai kematian pasien isoman tidak hanya terjadi di pulau Jawa, tetapi di luar pulau Jawa seperti Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sumatera Barat. 

Namun, Ahmad Arif mengatakan laporan kematian pasien isoman di luar Jawa tidak seintens (sebanyak) laporan yang masuk dar pulau Jawa. 

Berdasarkan data yang disampaikan Dinas Kesehatan DKI Jakarta kepada LaporCovid-19, setidaknya 45 kasus kematian pasien isoman per harinya di Ibu Kota.

Dia mengungkapkan semakin tinggi pertambahan angka penyebaran virus Covid-19 membuat fasilitas kesehatan (faskes) kewalahan untuk menerima pasien. 

Imbasnya, banyak rumah sakit dengan ketersediaan kamar tidur yang sangat terbatas dan bahkan penuh sehingga tidak bisa menyelamatkan pasien. 

“Mulai pertengahan Juni 2021 banyak sekali pasien yang kesulitan untuk mendapatkan rujukan rumah sakit. Bukan hanya dalam kondisi untuk mendapat ICU atau ruang perawatan saja, tetapi masyarakat yang mendapatkan fasilitas isolasi mandiri,” imbuhnya. 

LaporCovid-19 menyimpulkan sebagian pasien isoman meninggal diakibatkan karena kurang terpantaunya kondisi kesehatan serta terlambat dibawa dan ditangani lantaran penuhnya faskes, seperti rumah sakit. 

“Banyak pelapor yang meminta bantuan ke kami untuk cari rumah sakit akhirnya meninggal dunia. Sebagian besar pasien meninggal karena terlambat untuk ditangani bahkan di perjalanan,” kata Ahmad Arif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper