Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luhut Sebut 90 Persen Kasus Covid-19 di Jakarta Adalah Varian Delta

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat per 5 Juli 2021 kasus positif harian bertambah 29.745 atau tertinggi sejak pandemi diumumkan pada Maret 2020.
Virus corona varian delta plus/istimewa
Virus corona varian delta plus/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan sebanyak 90 persen kasus Covid-19 di Jakarta merupakan varian Delta.

Untuk itu, dia mengimbau semua pihak bekerjasama, termasuk bagi perusahaan sektor non-esensial supaya melakukan 100 persen bekerja dari rumah atau work from home.

“Saya ingin tidak ada yang main-main dan kompak menghadapi masalah ini. Sebanyak 90 persen di Jakarta sudah ada varian Delta, jadi kalau main-main bisa saja kita kena,” katanya saat konferensi pers virtual, Senin (5/7/2021) malam. 

Dia juga meminta agar karyawan yang masih dipaksa untuk bekerja di kantor untuk melaporkan ke pemerintah daerah melalui disnaker. Khusus DKI Jakarta, laporan juga dapat disampaikan melalui aplikasi JAKI.

“Kapolda Metro dan Pangdam Jaya untuk mengecek apakah masih beroperasi yang bukan non-esensial dan tidak segan untuk memberikan sanksi kepada perusahaan,”jelasnya.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat per 5 Juli 2021 kasus positif harian bertambah 29.745 atau tertinggi sejak pandemi diumumkan pada Maret 2020. Dengan penambahan itu total kasus positif virus Corona nasional mencapai 2.313.829. 

Sementara itu kasus sembuh bertambah 14.416 atau kumulatif 1.942.690 dan kasus meninggal naik 558 atau jika ditotal menjadi 61.140.

Adapun, pemerintah menargetkan PPKM Darurat yang diberlakukan pada peride 3-20 Juli 2021 akan menurunkan kasus harian Covid-19 hingga mencapai di bawah 10.000 pasien per hari.

Lebih lanjut, guna mengantisipasi lonjakan kasus, Menko Luhut menyampaikan bahwa Kementerian Kesehatan telah mendorong rumah sakit untuk melakukan konversi tempat tidur sehingga meningkatkan kapasitas menjadi 30-40 persen untuk pasien Covid-19.

“Sekarang semua provinsi yang ada di Jawa dan Bali punya pola yang sama sesuai dengan kondisi pandemi yang mengancam saat ini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper