Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ki Manteb Meninggal Dunia, Tak Kebagian Kamar RS Saat Isolasi Mandiri

Dalang kondang Ki Manteb Soedharsono dikabarkan meninggal dunia, Jumat (2/7/2021) pagi. Pemakamam Jenazah Dalang Ki Manteb Sesuai Penanganan Covid-19. Siapa nyana, saat isoman Sang Maestro tak kebagian kamar di rumah sakit?
Ki Dalang Manteb Sudarsono. /Antara
Ki Dalang Manteb Sudarsono. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Dalang kondang Ki Manteb Soedharsono dikabarkan meninggal dunia, Jumat (2/7/2021) pagi. Pemakamam Jenazah Dalang Ki Manteb Sesuai Penanganan Covid-19. Siapa nyana, saat isoman Sang Maestro tak kebagian kamar di rumah sakit?

Tentang kondisi Ki Manteb Soedharsono yang tak kebagian kamar rumah sakit itu beredar di jagat twitter. Salah satunya diungkapkan oleh Ahmad Arif melalui @aik_arif

"Selamat jalan, maestro. Covid-19 merenggut sang dalang, Ki Manteb Soedharsono, saat isoman, tidak kebagian kamar di RS," cuitnya, Jumat (2/7/2021).

Dalang kondang Ki Manteb Soedharsono sempat jatuh sakit dan menjalani isolasi mandiri karena positif Covid-19 bersama sang istri, Suwarti, di rumah. Sayangnya, pria berusia 72 tahun itu meninggal dunia pada Jumat (2/7/2021) pagi karena kondisinya terus menurun.

Ki Manteb dan istrinya terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab antigen yang dilakukan pada Kamis (1/7/2021). Selama sepekan terakhir kondisi kesehatan dalang kondang kelahiran Sukoharjo, 31 Agustus 1948 itu dikabarkan menurun.

Berdasarkan informasi yang diterima, almarhum tutup usia sekitar pukul 10.15 WIB di kediamannya di Karangpandan, Karanganyar. Kabar meninggalnya Ki Manteb Soedharsono dibenarkan oleh mantan Humas Institut Seni Indonesia (ISI) Solo Esha Karwinarno.

Menurut Sekretaris Desa Doplang Ade Irawan, karena Pak Manteb Soedarsono meninggal dunia dari hasil tes usap antigen dinyatakan positif Covid-19, maka pemakaman diserahkan ke Satgas Covid-19 Kabupaten Karanganyar dan relawan.

Ketua Seniman Sekar Kabupaten Karanganyar Joko Dwi Suranto menjelaskan, Ki Manteb Soedarsono seorang maestro murni di bidang perdalangan, tetapi beliau sangat perduli dengan kesenian lain apapun jenisnya.

"Saya yang berkesan dengan Ki Manteb, beliau tidak pilih-pilih untuk membagikan ilmunya ke seniman apapun. Kalau bidang pedalangan baik seniman muda yang masih belajar maupun tingkat senior selalu terbuka untuk keilmuannya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper