Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bunuh Diri di Penjara, Ini Riwayat Pakar Antivirus Komputer McAfee

John McAfee ditemukan tewas di selnya di Spanyol karena bunuh diri, beberapa jam setelah pengadilan tertinggi menyetujui ekstradisinya ke AS. Simak perjalanan hidupnya..
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 24 Juni 2021  |  09:27 WIB
Pendiri perangkat antivirus John McAfee ditemukan tewas bunuh diri - BBC.com
Pendiri perangkat antivirus John McAfee ditemukan tewas bunuh diri - BBC.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pengusaha perangkat lunak antivirus John McAfee ditemukan tewas di selnya di Spanyol karena bunuh diri, beberapa jam setelah pengadilan tertinggi negara itu menyetujui ekstradisinya ke Amerika Serikat.

McAfee dicari atas tuduhan kriminal terkait pajak yang membuatnya dihukuman penjara hingga 30 tahun.

Kepolisian regional Catalan, Mossos d'Esquadra kemudian mengkonfirmasikan laporan di El País bahwa McAfee, 75, telah ditemukan tewas di penjara Brians 2 dekat Barcelona pada Rabu malam sepefti dikutip TheGuardian, Kamis (24/6/2021).

Dalam sebuah pernyataan, departemen kehakiman Catalan mengatakan bahwa petugas penjara dan petugas medis telah mencoba menyelamatkan nyawa seorang pria berusia 75 tahun tetapi tidak berhasil.

“Staf kehakiman telah dikirim ke penjara dan sedang menyelidiki penyebab kematian...Semuanya mengarah pada kematian karena bunuh diri," menurut pernyataan itu.

Laporan tewasnya McAfee itu muncul beberapa jam setelah terungkap bahwa dia kalah telak dalam upayanya menghindari ekstradisi ke AS untuk menghadapi tuduhan yang dapat membawa puluhan tahun penjara.

Perjalanan hidup McAfee

Terlepas dari itu, McAfee adalah seorang pengusaha sukses dengan segala lika-liku hidup yang dijalaninya sebagaimana dikutip dari situs Arstechnica.

Pada 1987 McAfee mendirikan McAfee Associates, sebuah perusahaan perangkat lunak yang memproduksi salah satu produk antivirus komersial pertama. Pengusaha itu menjalankan perusahaan sampai 1994.

Pada saat itu McAfee sebagai sebuah perusahaan dibeli oleh Intel dengan harga yang mencengangkan yakni sebesar US$7,78 miliar. McAfee kemudian menjual seluruh sahamnya di perusahaan tersebut.

Pada pertengahan 1990-an dia mendirikan sebuah perusahaan bernama PowWow, salah satu aplikasi pesan instan dan jejaring sosial pertama di Internet yang bisa dibilang lebih maju dari masanya.

Pada 2000, dia berinvestasi di pembuat firewall ZoneAlarm dan bergabung dengan dewan direksi perusahaan.

Pada 2009, keuangan McAfee goyah, turun dari puncak lebih dari 100 juta dolar AS menjadi 4 juta dolar AS. Dia terus berkecimpung dalam usaha bisnis baru dan sangat dipertanyakan termasuk pembuat antibiotik berbasis herbal, yang akan menjadi produsen perangkat 'anti-NSA' senilai 100 dolar AS yang disebut D-Central.

Penawaran tersebut akhirnya tersedia sebagai aplikasi Android di Google Play. Sekitar waktu yang sama, McAfee menjadi terbebani dalam serangkaian tuntutan hukum. Salah satunya, dia dicurigai atas pembunuhan pada 2012 terhadap tetangganya di Belize.

McAfee juga dilaporkan tinggal dan tidur dengan seorang gadis berusia 17 tahun dalam minggu-minggu menjelang pembunuhan Belize 2012 yang didakwakan kepadanya.

McAfee ditangkap pada Oktober di bandara Barcelona setelah perburuan internasional akhirnya mendekatinya. Dia telah berjuang melawan ekstradisi sejak itu, namun akhirnya kalah di pengadilan tinggi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat antivirus
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top