Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wabah Tikus Serang Australia, Ratusan Napi Diungsikan

Wabah tikus di penjara Wellington membuat para napi dan staf akan dipindahkan selama beberapa bulan Bangkai tikus yang mati dikerumuni dengan parasit yang bisa membahayakan kesehatan.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 23 Juni 2021  |  16:01 WIB
Wabah Tikus Serang Australia, Ratusan Napi Diungsikan
Tikus - counterclokwise.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lebih dari 400 tahanan dan 200 orang petugas telah dipindahkan dari sebuah penjara di negara bagian New South Wales (NSW) ke tempat karena wabah tikus yang makin membahayakan kesehatan mereka.

Wabah tikus di penjara Wellington membuat para napi dan staf akan dipindahkan selama beberapa bulan Bangkai tikus yang mati dikerumuni dengan parasit yang bisa membahayakan kesehatan.

Penjara Wellington Correctional Centre yang terletak di dekat Dubbo, sekitar 390 km dari ibu kota Sydney merupakan salah satu pusat penahanan terbesar di NSW. Terdapat 420 tahanan dan 200 orang staf yang ada di penjara tersebut.

Wabah tikus di sana sudah mulai merusak berbagai fasilitas gedung dan dikhawatirkan membahayakan kesehatan para tahanan dan staf yang bekerja di fasilitas tersebut.

Selama 10 hari ke depan penjara akan dibersihkan dari bangkai tikus yang mati, fasilitas yang rusak juga akan diperbaiki dan diperbarui untuk menghindari kemungkinan kejadian serupa di masa depan.

Mengutip ABC Australia, pihak pengelola penjara, Corrective Services NSW (CSNSW) memperkirakan semua proses perbaikan ini akan memerlukan waktu empat bulan.

Komisioner CSNSW, Peter Severin mengatakan penjara di seluruh kawasan regional NSW akan mulai menerima para tahanan, dimulai dari yang terdekat dengan Wellington.

"Para napi akan dipindahkan ke berbagai lokasi di seluruh negara bagian tergantung pada klasifikasi mereka," kata Peter.

Tikus mulai masuk ke penjara tersebut sejak tahun lalu, namun jumlahnya semakin meningkat belakangan.

"Banyak tikus ini yang kemudian mati dan masalah berikutnya adalah parasit di bangkai tikus. Kami tidak mau parasit itu mengenai tahanan dan staf yang bisa mengancam kesehatan mereka," kata Peter.

"Ini bukan keputusan mudah, tapi keputusan yang bertanggung jawab harus diambil."

Tiga bus sudah disiapkan untuk memindahkan para napi.

Napi perempuan pertama kali akan dipindahkan ke penjara Bathurst, yang berjarak 199 km atau Broken Hill yang berjarak 753 km.

Banyak napi lainnya akan dipindahkan ke Macquarie Correctional Centre, sekitar 52 km dari Wellington.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wabah hama tikus
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top