Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apa Sih Bahaya Varian Baru Covid-19? Ganjar Minta Penyintas Bantu Sosialisasi

Para penyintas diminta menyampaikan melalui berbagai media sosial bahaya varian baru Covid-19 yakni varian Delta yang sudah terdeteksi di beberapa daerah.
Ilustrasi - Seorang warga berjalan melewati tanda informasi di tengah wabah penyakit Covid-19 di Bolton, Inggris, Senin (17/5/2021)./Antara-Reuters
Ilustrasi - Seorang warga berjalan melewati tanda informasi di tengah wabah penyakit Covid-19 di Bolton, Inggris, Senin (17/5/2021)./Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Sosialisasi tentang  varian baru Covid-19 dinilai perlu dilakukan. Bahkan, para penyintas dari serangan Covid-19 pun dipandang perlu terlibat.

Dengan edukasi seperti itu tingkap kepahaman masyarakat atas Covid-19 akan semakin meningkat.

Permintaan agar para penyintas ikut menyosialisasikan varian baru Covid-19 disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar meminta para penyintas menyampaikan melalui berbagai media sosial bahaya varian baru Covid-19 yakni varian Delta yang sudah terdeteksi di beberapa daerah.

"Saya minta mereka [penyintas Covid-19] untuk ikut menyosialisasikan kepada masyarakat karena di antara mereka ada yang dari klaster kerja, ibadah, dan ada dari keluarga. Saya berharap mereka bisa bercerita, saya minta 'ngevlog' agar bisa mengedukasi masyarakat," kata Ganjar usai mengunjungi tempat isolasi terpusat di Wisma Widya Graha LP3S Sinode, Kota Salatiga, Minggu (20/6/2021).

Video yang dibuat para penyintas atau pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi tersebut diminta Ganjar agar diunggah ke media sosial.

Ganjar juga secara langsung meminta kepada para penyintas agar menjadi agen sosialisasi protokol kesehatan di lingkungan masing-masing.

"Saya minta, teman-teman ini kalau sudah sehat agar menjadi petugas [agen] untuk mengingatkan mereka yang tidak taat protokol kesehatan," ujarnya.

Sebelum mengunjungi tempat isolasi terpusat, Ganjar didampingi Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris menyempatkan mampir di RSUD Salatiga.

Di rumah sakit milik pemerintah daerah setempat itu tingkat keterisian ruang isolasi sudah mencapai 91 persen dan ruang ICU penuh.

Dinas Kesehatan Kota Semarang dan pihak RSUD Salatiga sudah siap mengonversi gedung rawat inap VIP yang terdiri atas tiga lantai untuk dijadikan ruang isolasi pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan intensif. Sedangkan ruang ICU rencananya ditambah enam kamar.

Untuk tempat isolasi terpusat, selain Wisma Widya Graha LP3S Sinode juga disiapkan tempat di kompleks Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Tengah di Jalan Hasanudin Salatiga.

"Salatiga sampai saat ini masih bisa terkendali, tapi tetap saya minta untuk menghitung sehingga kalau kasus naik bisa siap-siap untuk antisipasi," katanya.

Hal itu termasuk penyiapan tenaga sukarelawan perawat oleh Pemkot Salatiga.

"Mereka melayani dan cara ini bisa dipakai untuk dukungan SDM yang sifatnya tidak tetap. Perawat ini bisa membantu untuk menyelesaikan persoalan yang ada di sini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper