Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Mulai Susun Naskah Akademik RUU BPIP

Beberapa bagian di draft Naskah Akademik RUU BPIP telah sesuai. Namun ada juga yang membutuhkan revisi dan juga tambahan agar substansinya lebih jelas.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 14 Juni 2021  |  11:01 WIB
Pemerintah Mulai Susun Naskah Akademik RUU BPIP
Presiden Joko Widodo (tengah), Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri (kanan) dan Wakil Dewan Pengarah BPIP Try Sutrisno, berjalan bersama usai pertemuan tertutup di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/5/19). - ANTARA/Puspa Perwitasari
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah terus melanjutkan pembahasan Rancangan Undang-Undang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang mengatur tentang Pancasila dan lembaga BPIP. 

Meskipun, RUU BPIP masih memicu pro dan kontra di masyarakat. Bahkan sebagian menganggap BPIP tidak perlu didirikan.

Kepala BPHN Kemenkumham, Benny Riyanto, mengatakan bahwa Pancasila merupakan ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Pemerintah menilai, penguatan nilai-nilai Pancasila menjadi wajib hukumnya saat ini ditengah-tengah perubahan besar yang sedang terjadi. 

Benny menyatakan bahwa instansi yang dipimpinnya siap dan berkomitmen untuk mendukung proses tersebut. BPHN juga siap untuk memastikan bahwa Naskah Akademik yang dihasilkan sesuai dengan kaidah atau ketentuan yang berlaku.

Benny Riyanto juga menyebutkan bahwa dalam beberapa bagian di draft Naskah Akademik RUU BPIP telah sesuai. Namun ada juga yang membutuhkan revisi dan juga tambahan agar substansinya lebih jelas.

“Misalnya di Bab I bagian Latar Belakang, saat ini sudah disampaikan argumentasi filosofis, argumentasi fisiologis dan argumentasi yuridis. Namun ketigal hal tersebut masih memerlukan penajaman materi Kembali,” ungkap Benny dikutip dari laman resmi BPHN, Senin (14/6/2021).

“Dalam Kajian Teoritis juga dapat ditambahkan beberapa teori, seperti Teori Pancasila sebagai Landasan Negara, Teori Pancasila Sebagai Pandangan Hidup dan Teori Lembaga Negara dengan Justifikasi dari dari pakar/akademisi,” tambah Benny dalam pemaparannya.

Dengan adanya acara penyusunan Naskah Akademik seperti ini, diharapkan proses perancangan RUU BPIP dapat dipercepat. RUU BPIP penting peranannya dalam menjaga karakter bangsa. Pondasi yang baik akan menjadi modal untuk pembangunan yang kokoh.

Selain itu, dengan RUU BPIP, akan makin melestarikan Pancasila dan menanamkan cinta tanah air. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pancasila kemenkumham Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)

Sumber : BPHN

Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top