Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Duh! 16 Nakes Puskesmas Ini Positif Covid-19

Diduga mereka terpapar saat menjalankan aktivitas yang cukup, termasuk saat memberikan pelayanan bagi warga satu desa klaster pengajian yang menjalani isolasi.
Petugas medis memasukkan sampel tes usap./Bloomberg-Angus Mordant
Petugas medis memasukkan sampel tes usap./Bloomberg-Angus Mordant

Bisnis.com, CIANJUR - Sebanyak 16 tenaga kesehatan di sebuah Puskesmas di Cianjur, Jawa Barat, terpapar Covid-19. Hal itu diketahui setelah dilakukan tes cepat dan tes usap.

Akibatnya, pelayanan di puskesmas tersebut dihentikan sementara. 

Kepala Puskesmas Cibinong, Cianjur, Jawa Barat dr Rahardian saat dihubungi Antara, Jumat (11/6/2021), mengatakan bagaimana kasus tersebut ditemukan.

Awalnya dua orang tenaga kesehatan mengeluh hilang penciuman dan gejala lainnya seperti Covid-19, sehingga dilakukan tes cepat dan usap RT PCR.

"Hasilnya dari puluhan tenaga kesehatan yang ada, terdapat 16 orang terpapar Covid-19, sehingga langsung dilakukan isolasi mandiri. Untuk sementara seluruh pelayanan dihentikan kecuali gawat darurat," katanya.

Ia menjelaskan, setelah dilakukan penelusuran, belasan tenaga kesehatan itu, diduga terpapar saat menjalankan aktivitas yang cukup padat selama satu bulan terakhir. Termasuk saat mereka memberikan pelayanan bagi warga satu desa klaster pengajian yang menjalani isolasi beberapa waktu lalu. 

Aktivitas yang padat itu membuat kondisi kesehatan mereka menurun dan rentan terpapar virus berbahaya.

Sebagai antisipasi untuk memutus rantai penularan, pihak Puskesmas Cibinong bersama gugus tugas langsung melakukan tes cepat dan usap terhadap keluarga dan warga sekitar tempat tinggal tenaga kesehatan yang positif.

"Hasil penelusuran dan tes RT PCR yang dilakukan terhadap keluarga dan sampel beberapa orang warga terdekat, tidak menunjukkan gejala atau negatif Covid-19. Namun mereka diimbau untuk lebih meningkatkan prokes, saat beraktivitas di luar rumah," katanya.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Kordinasi Covid-19 Cianjur dr Yusman Faisal mengatakan seluruh aktivitas di Puskesmas Cibinong dihentikan hingga batas waktu beberapa hari ke depan. Tenaga kesehatan lainnya, menjalankan aktivitas di rumah atau work from home.

"Hanya pelayanan gawat darurat yang bisa dilayani. Kami sudah mengirim tim untuk penanganan dan melakukan penelusuran lebih dalam, terkait terpaparnya belasan tenaga medis di Puskesmas Cibinong. Kami mengimbau seluruh nakes di Cianjur, untuk lebih meningkatkan kesehatan dan pengamanan diri selama bertugas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper