Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jadwal Pemilu 2024 Harus Digeser, Jika Bertepatan Dengan Hari Raya Galungan

Pemerintah bersama DPR belum memutuskan kapan waktu pencoblosan Pemilu 2024, baik Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Juni 2021  |  09:11 WIB
Ilustrasi - Warga mencelupkan jarinya ke dalam tinta, usai mencoblos dalam Pemilu 2019, di Jakarta, Rabu (17/4/2019). - Reuters/Edgar Su
Ilustrasi - Warga mencelupkan jarinya ke dalam tinta, usai mencoblos dalam Pemilu 2019, di Jakarta, Rabu (17/4/2019). - Reuters/Edgar Su

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Kerja Bersama harus mencari jadwal Pemilu 2024 yang pas. Jadwal yang sudah diusulkan harus digeser jika bertepatan dengan Hari Raya Galungan.

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengatakan jadwal Pemilu 2024 pada 28 Februari 2024 baru usulan. Rencana jadwal pemilu tersebut menjadi kesepakatan Tim Kerja Bersama yang terdiri atas Komisi II DPR RI, Kementerian Dalam Negeri, KPU, dan Bawaslu.

"Tim tersebut membahas desain Pemilu 2024 yang diajukan KPU RI, dan Jika ternyata bertepatan dengan hari [raya] umat Hindu [Galungan] tentu harus digeser waktu pelaksanaan pemilunya," kata Guspardi di Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Hal itu dikatakan Guspardi terkait hasil rapat Tim Kerja Bersama pada pekan lalu yang memutuskan pelaksanaan Pemilu berlangsung pada 28 Februari 2024 dan Pilkada 2024 pada 27 November 2024.

Tim Kerja Bersama terdiri atas perwakilan seluruh Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) Komisi II DPR RI, Kemendagri yang diwakili Dirjen Polpum dan Dirjen Otda.

Guspardi menegaskan pemerintah bersama DPR belum memutuskan kapan waktu pencoblosan Pemilu 2024, baik Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres).

"Belum diputuskan, masih usulan, kemarin itu baru rapat tim 12. Jadi kalau ternyata bertepatan Hari Raya Galungan, pasti kita geser," ujarnya.

Politisi PAN itu telah meminta agar KPU jangan hanya menyiapkan satu skenario jadwal Pemilu 2024 di bulan Februari karena itu perlu menyiapkan dua alternatif lain.

Guspardi mengatakan Komisi II DPR akan membahas kembali dengan KPU, Bawaslu, DKPP, dan pemerintah untuk menentukan jadwal Pemilu 2024 yang cocok dan sesuai untuk penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilpres 2024 Pilkada 2024 Pemilu 2024

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top