Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Lolos Program Kartu Prakerja Dari Alumni 

Ada beberapa tips dan trik untuk lolos kartu prakerja yang dibuka oleh pemerintah. Sebab, ada beberapa data diri dan tes yang wajib diisi oleh calon penerimanya.
Situs resmi program Kartu Prakerja hanya di prakerja.go.id / Tangkapan layar prakerja.go.id
Situs resmi program Kartu Prakerja hanya di prakerja.go.id / Tangkapan layar prakerja.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Kartu Prakerja Gelombang 17 resmi dibuka sejak 5 Juni 2021 dan hari ini akan tutup pendaftaran, (07/06). 

Kuota penerimaan kartu penerimaan kartu prakerja sebanyak 44.000 yang merupakan jumlah peserta gelombang 12 hingga 16 yang dicabut kepesertaannya. 

Peserta yang lolos akan mendapatkan dana insentif sebesar Rp2,4 juta yang dibayarkan per bulan sebesar Rp600.000 dalam kurun waktu 4 bulan.  Bagi Anda yang ingin mendaftar dan lolos kartu prakerja, simak tips lolos yang patut diikuti:

1. Patuhi Persyaratan 

Pastikan Anda telah memenuhi persyaratan yang tertera sebagai berikut sebelum mendaftar: 

- Warga Negara Indonesia 

- Minimal berusia 18 tahun 

- Sedang tidak menempuh pendidikan formal 

2. Mengisi Data Diri dengan Benar

Periksa kembali data diri Anda dengan sebenar-benarnya misalnya nomor telepon dan email aktif, foto KTP, data NIK, dan KK. Pastikan bahwa tidak ada kesalahan sebelum menyelesaikan pengisian data diri. 

3. Kerjakan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar dengan Benar 

Tes ini bertujuan untuk mengenali potensi yang dimiliki pendaftar. Maka, kerjakanlah tes sesuai dengan potensi yang dimiliki dengan benar. Penggunaan alat seperti kertas dan pensil diperbolehkan. 

4. Pilih Pelatihan sesuai Minat dan Bakat

Ikutilah pelatihan yang disediakan kartu prakerja. Hal ini dapat membantu Anda dalam mendalami minat dan bakat yang dimiliki. 

"Pelatihan ini sangat berguna dan bermanfaat sekali dalam menambah ilmu, skill, dan wawasan saya," kata Praska Aditia, Alumni Kartu Prakerja Gelombang 3. 

Setelah mengikuti pelatihan, peserta akan mendapatkan sertifikat keikutsertaan yang dapat digunakan untuk mendapatkan pekerjaan. 

"Dengan modal sertifikat yang saya dapat dari pelatihan yang saya ikuti di program kartu prakerja akhirnya saya mendapat kepercayaan dari salah satu bisnis untuk menjalankan usahanya lebih lanjut lagi," lanjut Praska dalam interviu yang diunggah oleh @prakerja.go.id di Instagram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper