Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menlu Retno Marsudi - Menlu Wang Yi Diagendakan Lakukan Pertemuan Bilateral

Menlu Retno Marsudi akan menghadiri pertemuan Menlu Asean-China dalam rangka peringatan 30 tahun hubungan dialog Asean-China, di Chongqing pada 7 Juni 2021.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 04 Juni 2021  |  19:35 WIB
Menlu Retno Marsudi - Kemlu
Menlu Retno Marsudi - Kemlu

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu China Wang Yi.

Pertemuan antara kedua Menteri Luar Negeri itu akan berlangsung di sela kegiatan Asean-China Foreign Ministerial Meeting.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah saat dikonfirmasi Bisnis.com, Jumat (4/6/2021) malam.

Faiza menyebutkan Menlu Retno Marsudi akan menghadiri pertemuan Menlu Asean-China dalam rangka peringatan 30 tahun hubungan dialog Asean-China.

Kegiatan tersebut akan berlangsung di Chongqing pada 7 Juni 2021.

Dikutip dari situs asean-china-center.org, tahun 1991 adalah tonggak dimulainya proses dialog Asean-China. Lima tahun kemudian, China menjadi mitra dialog penuh Asean.

Pada tahun 1997, KTT informal Asean-China pertama diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia. Para pemimpin Asean dan China mengumumkan keputusan untuk membangun kemitraan bertetangga yang baik dan saling percaya yang berorientasi pada abad ke-21.

Pada 2003, di antara semua mitra dialog Asean, China memimpin dalam mengaksesi Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama di Asia Tenggara. Kedua belah pihak memutuskan untuk meningkatkan hubungan Asean-China menjadi kemitraan strategis untuk perdamaian dan kemakmuran.

Pada Desember 2008, China menunjuk Duta Besar pertamanya untuk Asean. Pada November 2011, Asean -China Center (ACC) resmi didirikan.

Sebagai pusat informasi dan kegiatan satu atap, ACC telah menjalankan perannya untuk mempromosikan kerja sama antara Asean dan China di bidang perdagangan, investasi, pendidikan, budaya, pariwisata, informasi dan media.

Pada September 2012, China mendirikan Misi Permanennya dan mulai menempatkan Duta Besar untuk Asean.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menlu wang yi asean-china retno l.p. marsudi
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top