Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Xi Jinping Janji Rangkul Media Global dan Perbaiki Citra China

Hubungan China dengan media asing menjadi semakin tegang dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa wartawan yang bekerja untuk organisasi berita Amerika Serikat juga diusir tahun lalu karena hubungan antara kedua belah pihak memburuk.
Presiden China Xi Jinping/Reuters
Presiden China Xi Jinping/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden China Xi Jinping menegaskan bahwa negara itu harus memperbaiki caranya berhubungan dengan khalayak global melalui media seiring dengan upaya menegaskan statusnya di panggung internasional.

Dilansir Channel News Asia, Rabu (2/6/2021), Xi yang berbicara pada pertemuan studi Partai Komunis mengatakan sangat penting bagi China untuk meningkatkan kemampuannya menyebarkan pesan-pesannya secara global untuk merepresentasikan China yang komprehensif.

"China perlu mengembangkan suara internasional agar sesuai dengan kekuatan nasional dan status globalnya," kata Xi seperti dikutip Kantor Berita Pemerintah Xin Hua.

Negeri Tirai Bambu juga perlu memperkuat upaya propaganda untuk membantu orang asing memahami Partai Komunis China dan caranya berjuang untuk kesejahteraan warganya.

"Negara perlu menciptakan tim profesional dan mengadopsi metode komunikasi yang tepat untuk berbagai wilayah," katanya.

Sebelumnya, hubungan China dengan media asing menjadi semakin tegang dalam beberapa tahun terakhir, dengan kantor berita lokal seperti Global Times yang mempekerjakan wartawan asing mengalami bias dan liputan yang tidak adil.

Beberapa wartawan yang bekerja untuk organisasi berita Amerika Serikat juga diusir tahun lalu karena hubungan antara kedua belah pihak memburuk.

China juga telah melarang BBC World News dari jaringan televisi China daratan menyusul kritik terhadap liputan hak asasi manusia penyiar Inggris di wilayah barat laut Xinjiang serta asal-usul pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper