Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmi! Doni Monardo Serahkan Jabatan Kepala BNPB ke Ganip Warsito

Doni Monardo mengaku bersyukur diberi kepercayaan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memimpin BNPB.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 25 Mei 2021  |  16:21 WIB
Doni Monardo - IPB
Doni Monardo - IPB

Bisnis.com, JAKARTA - Doni Monardo melakukan serah terima jabatan (Sertijab) kepada Ganip Warsito selaku Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru.

Acara Sertijab Kepala BNPB dilaksanakan di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (25/5/2021). Acara diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) No.79/P/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Kemudian, pemandu acara meminta Doni Monardo dan Ganip Warsito naik ke panggung untuk melakukan penandatanganan dan serah teruma memori jabatan dan hasil Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2021.

Adapun, acara Sertijab Kepala BNPB ini diselenggarakan secara hybrid yaitu daring dan fisik tatap muka.

Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan menyebut semua pejabat tinggi BNPB hadir secara fisik dalam acara diantaranya Inspektur Utama Tetty Saragih, Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB Raditya Jati, Deputi II Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Harmensyah, hingga Deputi V Prasinta Dewi.

Sementara beberapa pejabat di Satgas Penanganan Covid-19 yang hadir dalam acara adalah Juru Bicara sekaligus Ketua Tim Pakar Wiku Adisasmito, Kabid Komunikasi Publik Hery Trianto, dan Kabid Perubahan Perilaku Sonny Harry B. Harmadi.

Sementara, pejabat Satgas yang hadir secara daring adalah Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Alexander Ginting dan Kabid Relawan Andre Rahadian.

Selain itu, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo juga hadir secara daring dan memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Adapun, dalam sambutannya Doni Monardo mengibaratkan BNPB seperti Kopassus yang selalu siap sedia bekerja 24 jam jika diperlukan.

“BNPB ini ibarat Kopassus [Komando Pasukan Khusus]. Bahkan dalam kondisi darurat Covid dan juga penanganan bencana di berbagai daerah, nyaris tidak ada istirahat. Jadi Bapak [Ganip] menghadapi kalangan sipil tapi berjiwa militan,” kata Doni dalam sambutannya pada acara Sertijab Kepala BNPB, dikutip dari YouTube BNPB, Selasa (25/5/2021).

Lebih lanjut, Doni Monardo mengaku bersyukur diberi kepercayaan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memimpin BNPB dalam menangani kebencanaan, termasuk pandemi Covid-19.

Menurutnya, pekerjaan tersebut tidak mudah untuk dilakukan karena membutuhkan stamina yang kuat dan keteguhan hati.

Doni juga berpesan kepada Ganip dan insan BNPB lainnya untuk terus meningkatkan kolaborasi dan kesiapsiagaan karena Indonesia merupakan negara yang tidak akan lepas dari bencana alam.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bnpb satgas Doni Monardo Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top