Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Doni Monardo Ibaratkan BNPB Seperti Kopassus

Doni Monardo mengaku bersyukur diberi kepercayaan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memimpin BNPB.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 25 Mei 2021  |  15:51 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid/19 Letjen TNI Doni Monardo / Istimewa
Ketua Satgas Penanganan Covid/19 Letjen TNI Doni Monardo / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) periode 2019/2021 Letnan Jenderal (Purn) TNI Doni Monardo mengibaratkan BNPB seperti Kopassus yang selalu siap sedia bekerja 24 jam jika diperlukan.

“BNPB ini ibarat Kopassus [Komando Pasukan Khusus]. Bahkan dalam kondisi darurat Covid dan juga penanganan bencana di berbagai daerah, nyaris tidak ada istirahat. Jadi Bapak [Ganip] menghadapi kalangan sipil tapi berjiwa militan,” kata Doni dalam sambutannya pada acara Sertijab Kepala BNPB, dikutip dari YouTube BNPB, Selasa (25/5/2021).

Lebih lanjut, Doni Monardo mengaku bersyukur diberi kepercayaan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memimpin BNPB dalam menangani kebencanaan, termasuk pandemi Covid-19.

Menurutnya, pekerjaan tersebut tidak mudah untuk dilakukan karena membutuhkan stamina yang kuat dan keteguhan hati.

Namun, sambung Doni, dengan dukungan dan kolaborasi insan BNPB serta pihak terkait lainnya, semua tantangan bisa diselesaikan dengan baik.

Dia pun berpesan kepada Ganip dan insan BNPB lainnya untuk terus meningkatkan kolaborasi dan kesiapsiagaan karena Indonesia merupakan negara yang tidak akan lepas dari bencana alam.

“Bencana adalah urusan bersama, dan kita harus mampu menghimpun seluruh sumber daya, bukan hanya sumber daya pemeritah, TNI, dan Polri, tapi juga sumber daya masyarakat,” ujarnya.

Doni pun merasa bangga dan kagum kepada masyarakat Indonesia yang cepat tanggap dalam mendukung penanganan bencana tingkat sedang hingga tinggi tanpa diminta baik sebagai relawan perorangan maupun organisasi.

Tidak lupa, terkait penanganan pandemi Covid-19, Doni juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan Satgas Penanganan Covid-19.

Seperti diberitakan sebelumnya, posisi Doni Monardo sebagai Kepala BNPB resmi digantikan pada hari ini oleh Letjen TNI Ganip Warsito.

Tidak hanya menggantikan Doni Monardo sebagai Kepala BNPB, Ganip Warsito juga akan mengisi posisi Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Pergantian Kepala BNPB dari Doni Monardo ke Ganip Warsito itu tertuang dalam Keppres No.79B/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bnpb Doni Monardo Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top