Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berseteru dengan Puan, Pengamat: Elektabilitas Ganjar Bisa Naik, Tapi...

Konflik yang terjadi antara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan beberapa petinggi PDIP kemungkinan besar akan mengerek elektabilitas sang Gubernur.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 25 Mei 2021  |  14:49 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo - Antara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pakar Komunikasi Politik Univesitas Paramadina Hendri Satrio menilai konflik yang terjadi antara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan beberapa petinggi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kemungkinan besar justru malah merugikan sang gubernur.

Pasalnya, sistem politik Indonesia, khususnya terkait pemilu presiden, masih sangat bergantung pada sistem kepartaian.

“Elektabilitas Ganjar bisa naik jika banyak simpati tapi simpati nggak ada gunanya dengan sistem politik sekarang, karena simpati tidak bisa menghasilkan tiket politik,” kata Hendri kepada Bisnis, Senin (24/5/2021).

Sebaliknya, pendukung Sang Gubernur Jateng dan masyarakat lainnya justru akan wait and see alias hanya menunggu dan memantau bagaimana keputusan PDIP selanjutnya menjelang Pilpres 2024.

Senada, Direktur Esekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menilai posisi Ganjar Pranowo lemah jika dilihat dari sudut pandang kepartaian.

Pasalnya, yang berkonflik dengannya memiliki posisi yang lebih strategis di dalam partai yaitu Bambang Wuryanto yang kini menjabat sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapillu) PDIP dan Puan Maharani, sang Ketua DPP PDIP.

“Ibaratnya, salah satu orang terdekat Bu Mega dalam pengambilan keputusan, yang bisa kasih masukan pendapat ya Mba Puan. Jadi kalau dua orang itu tidak cocok, tidak happy dengan Mas Ganjar ya maka berapapun elektabilitasnya, Mas Ganjar sulit untuk menjadi calon [presiden],” ujar Qodari.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pdip ganjar pranowo puan maharani Pilpres 2024
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top