Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sah! Ganip Warsito Resmi Jabat Kepala BNPB, Gantikan Doni Monardo

Letjen TNI Ganip Warsito menggantikan Letjen TNI (Purn.) Doni Monardo yang kana memasuki usia pensiun pada 1 Juni 2021.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 25 Mei 2021  |  10:31 WIB
Letjen TNI Ganip Warsito menggantikan Letjen TNI (Purn.) Doni Monardo, sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)/Antara - HO/Puspen TNI
Letjen TNI Ganip Warsito menggantikan Letjen TNI (Purn.) Doni Monardo, sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)/Antara - HO/Puspen TNI

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada hari ini, Selasa (25/5/2021), di Istana Negara.

“Mengangkat Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito SE, MM sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan kepada yang bersangkutan diberikan hak keuangan dan administrasi setingkat menteri,” kata Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg Nanik Purwati di sela-sela seremoni pelantikan.

Agenda itu disaksikan Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, para menteri kabinet Indonesia Maju serta para tamu undangan. 

Adapun, pergantian Kepala BNPB dari Doni Monardo ke Ganip Warsito itu tertuang dalam Keppres No.79B/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

"Sebelum saya mengambil sumpah jabatan berkenaan dengan pengesahan pengangkatan saudara sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara. Bersediakah saudara mengucapkan sumpah menurut agama islam?" tanya Jokowi dalam seremoni.

"Bersedia," jawab Ganip dengan lantang.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," demikian ucapan sumpah Ganip dalam pelantikan.

Letjen TNI Ganip Warsito yang merupakan perwira Tinggi TNI-AD aktif ini baru menjabat Kasum TNI sejak 26 Januari 2021. Sebelumnya, jenderal bintang tiga ini menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan.

Ganip Warsito dilahirkan di Magelang pada 23 November 1963. Beliau merupakan lulusan Akmil 1986 dan berpengalaman dalam bidang infanteri.

Sebelum mengisi posisi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan, Ganip pernah menjadi Pangdam XIII/Merdeka. Dia menjabat posisi itu selama 2 tahun.

Adapun, Kepala BNPB sebelumnya dijabat oleh Doni Monardo memasuki usia pensiun pada 1 Juni 2021. Letnan Jenderal Purnawirawan TNI itu juga hampir setahun terakhir menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Berdasarkan catatan BisnisPresiden Joko Widodo melantik Doni Monardo sebagai Kepala BNPB pada 9 Januari 2019. Doni mengisi posisi yang sebelumnya dijabat oleh Laksda TNI (Purn.) Willem Rampangilei.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi bnpb Doni Monardo
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top