Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vaksinasi Covid-19 Pelaku Kreatif, Ini Harapan Nadiem Makarim

Pemberian vaksinasi kepada para seniman dan budayawan diharapkan kembali membangkitkan geliat industri kreatif yang sempat mati suri akibat pandemi.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 23 Mei 2021  |  14:36 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan secara langsung proses vaksinasi Covid/19 kepada ratusan seniman dan budayawan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta pada Senin, 19 April 2021 / Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan secara langsung proses vaksinasi Covid/19 kepada ratusan seniman dan budayawan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta pada Senin, 19 April 2021 / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melaksanakan vaksinasi tahap II yang diperuntukkan bagi seniman, maestro, dan budayawan.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari vaksinasi Covid-19 tahap I yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 April 2021 lalu di Galeri Nasional, Jakarta.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim optimistis setelah pemberian vaksin dosis kedua maka sektor seni dan budaya akan segera bangkit.

“Tadi waktu saya berdiskusi dengan pelaku seni dan budaya, banyak yang mengaku merasa sangat lega dan lebih nyaman melakukan aktivitas budayanya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujar Mendikbudristek, mengutip keterangan resmi Kemendikbudristek, Minggu (23/5/2021).

Sementara itu seniman Wayang Orang Bharata, Anggawati, menyambut baik dan menyampaikan terima kasih atas perhatian dari pemerintah kepada para seniman di Indonesia melalui program vaksinasi.

Dia berharap dukungan terhadap aktivitas kesenian maupun kebudayaan makin diperkuat. Salah satunya adalah program kesenian yang sedang dipersiapkan Wayang Orang Bharata yaitu Bharata Emas.

“Kiranya pemerintah dapat terus melestarikan budaya negeri adiluhung khususnya kesenian Wayang Orang,” tambah Anggawati.

Selanjutnya, penulis Maman Suherman yang akrab dipanggil Kang Maman mengungkapkan bahwa vaksinasi ini merupakan ikhtiar untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

“Melalui program vaksinasi ini, mudah-mudahan ekonomi kita berputar dengan bagus kembali seperti semula, termasuk di dunia dan industri seni maupun kreatif,” ujar Maman.

Turut hadir pula, seniman yang kerap menghibur masyarakat di layar kaca, Asri Welas. Sebagai budayawan dan pengajar tari di Sanggar Asri Welas, Asri menginginkan kegiatan mengajar dapat segera berlangsung secara tatap muka.

“Karena dibutuhkannya proses mengajar yang sangat mendetail dalam penyampaian gerakan tari agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” jelasnya.

Seniman lain yang bergerak di bidang tarik suara, yakni Gita Gutawa menyampaikan rasa syukurnya karena dapat menerima kesempatan untuk mendapatkan dosis kedua dari vaksinasi pada kesempatan ini. Mengingat penyebaran Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar pada bidang yang dia tekuni.

“Secara pribadi pun sangat bersyukur, sangat mengapresiasi yang telah dilakukan oleh pemerintah atas perhatian kepada seniman dan budayawan melalui program vaksinasi, dan semoga kami dapat menghasilkan karya yang lebih baik untuk menghibur orang,” harap Gita.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendikbud vaksinasi seniman Nadiem Makarim Covid-19
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top