Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selamat Jalan Om @wimarwitoelar, Damai Tuhan Besertamu di Surga

Wimar Witoelar tidak hanya dikenal sebagai juru bicara kenamaan era Presiden Abdurrahman Wahid. Dia juga merupakan tokoh reformasi Indonesia, jurnalis, sekaligus kolumnis yang bernas.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 19 Mei 2021  |  10:27 WIB
Tangkapan layar salah satu foto Wimar Witoelar di akun instagramnya - Sae
Tangkapan layar salah satu foto Wimar Witoelar di akun instagramnya - Sae

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar meninggalnya Wimar Witoelar, mantan Juru Bicara Presiden Abdurrahman Wahid, membuat ungkapan duka cita dan doa mengalir di media sosial.

Salah satu ungkapan itu disampaikan akun heistbee.

"Selamat jalan om @wimarwitoelar terima kasih kontribusinya buat masy Indonesia, damai Tuhan Besertamu di surga ???? #RIP #COYG #VCC #Arsenal #OnceAGoonerAlwaysAGooner," demikian ungkapan lengkap pemilik akun tersebut di akun Instagram Wimar Witoelar sekitar pukul 09.18 WIB.

Ungkapan melepas kepulangan Wimar ke haribaan Tuhan juga disampaikan akun lainnya.

"Selamat Jalan pak, terima kasih atas kontribusinya selama ini untuk Indonesia...," ujar akun kamerapengawas.

Sedangkan akun rianfakhriansyah menulis, "Selamat Jalan Om Wimar. Semoga Tuhan memberikan tempat yg terbaik. Aaamiiin."

Sementara itu akun _rivaldohareva melepas Wimar dengan komentar ringkat, "Rest in peace pak."

Sehari sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengajak masyarakat mendoakan mantan Juru Bicara Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Wimar Witoear yang tengah dirawat di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta.

"Doa kesembuhan terus kita panjatkan agar Wimar dapat sembuh seperti sedia kala," kata Moeldoko saat bertemu keluarga Wimar Witoelar di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, Selasa (18/5/2021), dikutip Antara dari siaran pers yang diterima.

Wimar Witoelar tidak hanya dikenal sebagai juru bicara kenamaan era Presiden Abdurrahman Wahid. Dia juga merupakan tokoh reformasi Indonesia, jurnalis, sekaligus kolumnis yang bernas.

Wimar berani memberikan kritik pada era pemerintahan Orde Baru melalui lontaran-lontaran jenaka, namun kritis melalui program televisi yang dipandunya.

Kelantangannya tersebut membuat Wimar masuk dalam jajaran aktivis yang terpandang dan disegani sejak era itu hingga sekarang.

Hingga masa Pemerintah Presiden Joko Widodo, Wimar juga berperan aktif dalam isu-isu lingkungan dan menjadikannya sebagai sosok yang memiliki perspektif utuh dan objektif terhadap progresifitas kemajuan pembangunan dari tahun ke tahun.

Kesan baik itu pun cukup dirasakan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. "Kami di Kantor Staf Presiden sudah lama bekerja sama dengan beliau dan tim, terkait isu-isu tertentu seperti lingkungan, masyarakat adat, kebhinekaan, masalah intoleransi. Kami sangat mengapresiasi kerja-kerja beliau selama ini," tutur Moeldoko.

Moeldoko mengingat bagaimana Wimar pernah menyampaikan aspirasinya di forum bersama KSP terkait isu kebakaran hutan. Wimar kala itu menyatakan bahwa forum tersebut memberi harapan dan peluang baru dalam penanganan kebakaran lahan, dan lebih luas lagi tentang perubahan iklim global.

Ketertarikan Wimar dalam berbagai macam isu pembangunan banyak menelurkan kritik dan gagasan segar yang membangun pada isu-isu publik seperti lingkungan dan perubahan iklim, ekonomi, deforestasi, dan masyarakat adat.

Wimar juga merupakan seorang analis dan komentator politik yang andal. Ia menjadi acuan berbagai media internasional mengenai isu-isu sosial dan politik Indonesia.

Wimar merupakan pendiri sekaligus pemandu program talkshow radio Perspektif Baru yang menghadirkan isu-isu mutakhir dengan narasumber kompeten. Selain itu, Wimar merupakan Adjunct Professor di Deakin University, Australia.

Sementara itu, tertulis di wikipedia, pemilik nama lengkap Wimar Witoelar Kartaadipoetra ini lahir di Padalarang, Jawa Barat, 14 Juli 1945. Wimar adalah putra termuda dari lima bersaudara pasangan Raden Achmad Witoelar Kartaadipoetra dan Nyi Raden Toti Soetiamah Tanoekoesoemah.

Wimar adalah adik Rachmat Witoelar, Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Bersatu dan adik ipar dari Erna Witoelar yang juga mantan Menteri Indonesia.

Wimar Witoelar dikenal sebagai seorang tokoh yang sering muncul di TV, selain itu ia juga pernah menjabat sebagai juru bicara Presiden Republik Indonesia pada era pemerintahan Abdurrahman Wahid, ia juga seorang kolumnis media massa lokal dan internasional (Today, Business Week, News week, Australian Financial Review), komentator TV (ABC, CNBC, CNN).

Wimar Witoelar juga sering dipercaya untuk menjadi pembicara dalam berbagai acara internasional dalam bidang politik dan ekonomi seperti di Sydney, London, Washington, New York, Singapura.

Menikah dengan Suvatchara Witoelar pada 27 Februari 1971 dan dikaruniai dua anak Satya Tulaka Witoelar dan Aree Widya Witoelar. Istri Wimar meninggal pada 7 April 2003.

Hari ini, Wimar Witoelar telah berpulang. Banyak orang yang kehilangan tapi harus mengikhlaskan. Tak salah jika ada yang mengungkapkan rasa kehilangan itu dengan ucapan selamat jalan dan doa terbaik untuk almarhum. Selamat Jalan om @wimarwitoelar, Damai Tuhan Besertamu di Surga.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

reformasi Wimar Witoelar obituari

Sumber : Instagram/wikipedia

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top