Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Geger Pidato Jokowi Promosikan Bipang, Mendag Minta Maaf

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meminta masyarakat untuk melihat dan memahami pernyataan Kepala Negara dalam konteks yang menyeluruh
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 08 Mei 2021  |  18:13 WIB
Menteri Perdagangan RI M. Lutfi.  - Kementerian Perdagangan
Menteri Perdagangan RI M. Lutfi. - Kementerian Perdagangan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi angkat bicara terkait pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempromosikan kuliner khas Kalimantan Barat yaitu Bipang Ambawang.

Pernyataan Jokowi yang menyebut Bipang dari daerah Ambawang sebagai kuliner daerah yang dapat dijadikan oleh-oleh pada momen lebaran menghebohkan warganet. Pasalnya, di daerah tersebut nama Bipang merupakan akronim dari babi panggang.

Menanggapi hal tersebut, Mendag Muhammad Lutfi meminta masyarakat untuk melihat dan memahami pernyataan Kepala Negara dalam konteks yang menyeluruh.

“Pernyataan Bapak Presiden ada dalam video yang mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai dan juga membeli produk lokal,” kata Mendag dikutip dari YouTube Fadjroel Rachman, Sabtu (8/5/2021).

Mendag menilai pernyataan Jokowi tersebut ditujukan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang terdiri dari beragam suku, agama, dan budaya.

Dia memastikan bahwa deretan nama kuliner khas daerah yang disebutkan oleh Presiden Jokowi adalah untuk mempromosikan kuliner nusantara.

“Kami dari Kementerian Perdagangan selaku penanggung jawab acara tersebut sekali lagi memastikan tidak ada maksud apapun dari pernyataan Bapak Presiden. Kami mohon maaf sebesar-besarnya jika terjadi kesalahpahaman karena niat kami hanya ingin agar kita semua bangga terhadap produksi dalam negeri,” ungkap Mendag.

Sebelumnya, Potongan video berisi ajakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada masyarakat untuk membeli kuliner khas daerahnya masing-masing jika rindu kampung halaman menjadi viral di dunia maya.

Ajakan tersebut disampaikan oleh Kepala Negara sebagai solusi melepas kerinduan lantaran pada Lebaran tahun ini pemerintah meniadakan kegiatan mudik.

Nah, yang membuat heboh adalah terselip jenis kuliner dari Kalimantan Barat yaitu bipang dari daerah Ambawang yang disebut warganet merupakan akronim dari babi panggang.

"Untuk bapak, ibu dan saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Yogya, bandeng Semarang, siomay Bandung, pempek Palembang, bipang ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya, tinggal pesan," kata Jokowi dalam potongan video yang diunggah oleh akun Twitter @BosTemlen, Jumat (7/4/2021).

Sementara itu, pernyataan Presiden Jokowi mempromosikan Bipang Ambawang ini juga diunggah oleh akun Instagram @bipangambawang.

"Sebuah kebanggan kami dapat disebut oleh bapak Presiden @jokowi dalam pidato tadi malam di Kompas TV," tulis akun tersebut, Kamis (6/5/2021).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi kuliner mendag muhammad lutfi
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top