Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik Dilarang, Ini 6 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Lebaran

Larangan mudik bertujuan untuk menekan penyebaran wabah Covid-19 di kampung dan kota besar selama Lebaran.
Hanafi Nurmahdi
Hanafi Nurmahdi - Bisnis.com 04 Mei 2021  |  12:39 WIB
Pemerintah melarang masyarakat untuk melakukan mudik atau pulang kampung saat Lebaran. - ANTARA/Harviyan Perdana Putra
Pemerintah melarang masyarakat untuk melakukan mudik atau pulang kampung saat Lebaran. - ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Sudah dua tahun berlalu tradisi mudik saat lebaran di Indonesia ditiadakan akibat lonjakan kasus Covid-19 yang terus terjadi.

Pemerintah juga mengeluarkan Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang larangan mudik yang berlaku pada 6-17 Mei 2021.

Larangan mudik dimaksudkan untuk menekan penyebaran wabah Covid-19 dan agar tidak kembali terulang pada tahun sebelumnya, yang dimana pemerintah sempat kecolongan kepada beberapa warganya.

Bagi Anda dan keluarga yang sudah memutuskan untuk tidak merayakan lebaran di kampung halaman dan menetap di rumah, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan saat hendak menyambut lebaran dan saat lebaran. Berikut kegiatan yang bisa dilakukan sendiri dan bersama anggota keluarga di rumah saat lebaran:

  1. Silaturahmi Online

Kita patut bersyukur karena pandemi yang terjadi di era modern seperti ini, dimana kita semua sudah mengenal dan memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Sehingga kita bisa memanfaatkan teknologi untuk bisa berkomunikasi secara langsung melalui pesan singkat, telepon, atau panggilan video.

Dengan kecanggihan teknologi sekarang ini, kita tidak perlu khawatir lagi terhadap informasi dan kabar dari sanak saudara yang jauh. Tentunya juga kita bisa selalu menyambung tali silaturahmi dengan keluarga lainnya.

  1. Belajar Memasak

Karena pandemi yang terjadi, kegiatan di luar rumah kita jadi terbatas. Jika bingung dalam menyambut hari raya, maka bisa dilakukan dengan belajar memasak untuk menambah keterampilan diri dan membuat kreatifitas sendiri. Mulai dari mencontoh resep-resep masakan makanan atau minuman sederhana dari video di media sosial seperti Instagram atau Tiktok.

  1. Membuat Kreasi DIY

Kita bisa menghabiskan waktu dengan keluarga dan mengajarkan anak membuat kreasi DIY, seperti dengan membuat kartu ucapan hari raya, kreasi hampers lebaran, atau dekorasi rumah dengan barang-barang bekas.

  1. Daftar Pelatihan Online

Daripada bingung tidak ada kegiatan saat lebaran, sebaiknya cari teman baru dan wawasan baru dengan mendaftar pelatihan, kelas, atau seminar online. Saat ini, banyak instansi atau perusahaan yang menggelar kelas atau seminar secara online.

  1. Cari Hobi Baru

Beberapa bulan kebelakang, banyak masyarakat yang gemar memelihara tanaman dalam ruangan, Anda bisa mencoba hal ini. Menanam dan merawat tanaman juga bisa menjadi kegiatan yang seru dilakukan saat tidak mudik. Dipastikan ruangan dan rumah Anda akan tampak sejuk dan asri.

  1. Menonton Film

Kegiatan ini bisa menjadi hiburan kala tidak mudik lebaran tahun ini. Saat ini kita bisa dengan mudah menikmati berbagai tayangan film atau serial berkualitas dari mancanegara dengan berlangganan layanan aplikasi streaming film atau serial.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran lebaran Virus Corona Covid-19
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top