Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Punya Peran Penting, Simak 3 Manfaat Belajar Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional berperan penting sebagai alat mobilisasi ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), terutama dari negara maju ke negara berkembang.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 30 April 2021  |  13:38 WIB
Ilustrasi kapal kontainer -  Bloomberg
Ilustrasi kapal kontainer - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Seiring dengan meningkatnya aktivitas perdagangan lintas negara, pemahaman yang baik terkait perdagangan internasional sangat penting. Perkembangan teknologi, pasar bebas membuat perdagangan internasional berkembang sangat cepat.

Fariz Hutama Putra Harjanto, Pengajar Faculty of International Business Management i3l School of Business (iSB), mengatakan saat ini ketergantungan antara satu negara dengan negara lain semakin meningkat.

“Maka perdagangan internasional yang ditandai dengan liberalisasi perdagangan dan investasi, kemajuan di bidang komunikasi, informasi dan transportasi menjadi sangat penting dalam hubungan ekonomi baik secara bilateral, regional, maupun internasional,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (30/4/2021).

Andamar Pradipta, Pengajar iSB, menambahkan perdagangan internasional berperan penting sebagai alat mobilisasi ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), terutama dari negara maju ke negara berkembang.

“Maka akan semakin cepat mobilisasi teknologi pada negara pengimpor tersebut,” kata Andamar.

Menurutnya, tujuan perdagangan internasional ialah memenuhi kebutuhan dalam negeri yang tidak dapat terpenuhi karena adanya beberapa keterbatasan tertentu. Secara langsung, pengaruh perdagangan internasional bisa dirasakan dengan alokasi sumber daya dan efisiensi.

Berikut tiga manfaat mempelajari perdagangan internasional:

1. Memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan

Pemahaman perdagangan internasional yang baik dapat memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan negara yang saling bekerja sama. Hal ini dilakukan dengan memproduksi secara optimal, tanpa takut kelebihan produksi dan harga jual yang turun.

Melalui perdagangan internasional, pengusaha bisa menjalankan mesin-mesin produksinya secara maksimal dan menjual kelebihan produk yang dihasilkan ke luar negeri. Akibatnya, produktivitas dan pendapatan akan meningkat.

2. Peluang kerja yang terbuka lebar

Manfaat perdagangan internasional lainnya ialah terbukanya peluang kerja yang sangat luas. Hal ini disebabkan perdagangan internasional membantu menghasilkan lebih banyak lapangan pekerjaan melalui pembangunan industri-industri baru guna memenuhi permintaan produk di berbagai negara.

Tentunya hal ini akan membantu negara untuk menurunkan tingkat pengangguran. Dengan begitu, buat seseorang yang belum mendapatkan pekerjaan akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

3. Meningkatkan kemakmuran negara

Manfaat perdagangan internasional selanjutnya yakni dapat meningkatkan kemakmuran negara. Perdagangan internasional memiliki peranan untuk menaikkan pendapatan dari masing-masing negara yang bersangkutan.

Pasalnya, negara yang kelebihan dan kekurangan akan suatu barang dapat menjual dan memperoleh barang yang dibutuhkan. Dengan adanya perdagangan internasional maka kebutuhan terpenuhi dan membuat pendapatan menjadi meningkat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perdagangan internasional
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top