Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bakal Dilantik Jokowi Jadi Kepala BRIN, Ini Profil Laksana Tri Handoko

Laksana Tri Handoko disebut sebagai kandidat Kepala BRIN pilihan Presiden Jokowi yang akan dilantik pada hari ini, Rabu (28/4/2021).
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 28 April 2021  |  13:25 WIB
Kepala LIPI Laksana Tri Handoko (kiri) berbincang dengan Duta Besar RI untuk Rusia dan Belarus M Wahid Supriyadi (tengah) dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (kanan) di Mal Pelayanan Publik, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (25/6 - 2019). foto ANTARA
Kepala LIPI Laksana Tri Handoko (kiri) berbincang dengan Duta Besar RI untuk Rusia dan Belarus M Wahid Supriyadi (tengah) dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (kanan) di Mal Pelayanan Publik, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (25/6 - 2019). foto ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko mencuat ke publik sebagai kandidat Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bakal dilantik pada hari ini, Rabu (28/4/2021).

Laksana Tri Handoko rencananya akan dilantik bersamaan dengan pelantikan tiga pejabat lain yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan - Riset Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia serta Indrayanto Seno Adji sebagai Dewan Pengawas KPK.

Adapun, Indrayanto mengganti posisi Anggota Dewas KPK Artidjo Alkostar yang telah meninggal dunia. 

Sesuai jadwal, pelantikan keempat pejabat tersebut rencananya akan dilaksanakan di Istana Presiden pada sore ini pukul 15.30 WIB. Dari pelantikan ini pula diperkirakan Bambang Brodjonegoro tidak lagi menjabat sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju. 

Selain itu, belum diketahui pula apakah Laksana Tri Handoko akan meninggalkan LIPI usai dilantik atau memegang dua jabatan sekaligus yakni memimpin LIPI dan BRIN. 

Berdasarkan laman resmi LIPI, Dr. Laksana Tri Handoko menjadi Kepala LIPI setelah dilantik oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI pada 31 Mei 2018. 

Sebelumnya, Handoko merupakan Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) LIPI sejak tahun 2014. Pria berkaca mata ini lahir di Malang pada 7 Mei 1968. 

Dia berhasil memperoleh gelar Strata 1 bidang fisika di Universitas Kumamoto, Jepang pada 1993. Dua tahun kemudian, Handoko meraih gelar Master di Universitas Hiroshima Jepang pada bidang fisika teori.

Bapak dua anak ini kemudian melanjutkan pendidikan doktoral di kampus yang sama. Hasilnya, pria yang akrab disapa Handoko ini memperoleh gelar doktor pada 1998. 

Handoko memulai karir sebagai peneliti di Pusat Penelitian Fisika tahun 1987 dan menjadi Kepala Grup Fisika Teori dan Komputasi Pusat Penelitian Fisika tahun 2002-2012. Setelah itu, Handoko menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian Informatika LIPI pada periode 2012 - 2014.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi lipi riset Reshuffle Kabinet
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top