Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dirjen Imigrasi Ungkap Kronologi Kedatangan Ratusan WN India ke Indonesia

Warga negara India yang sempat masuk ke Indonesia beberapa hari lalu, menggunakan pesawat sewa alias charter flight.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 23 April 2021  |  16:45 WIB
Penerbangan berjadwal internasional dapat diizinkan pada rute tertentu.  - airindia.in
Penerbangan berjadwal internasional dapat diizinkan pada rute tertentu. - airindia.in

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Imigrasi Jhoni Ginting menerangkan bahwa warga negara India yang sempat masuk ke Indonesia beberapa hari lalu, menggunakan pesawat sewa alias charter flight.

Jhoni menjelaskan bahwa 129 penumpang tersebut menggunakan berbagai macam persyaratan agar masuk ke Tanah Air.

Perinciannya adalah 38 warga negara India memegang visa kunjungan, 46 orang WN India memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), 1 orang warga negara AS pemegang KITAS, 32 WN India pemegang Visa Tinggal Terbatas (VITAS), WNI 12 orang dan kru pesawat WNI 11 orang.

“Memang benar pada hari Rabu itu mendarat 1 pesawat Air Asia dengan kode penerbangan QZ988 dari Chennai ke Bandara Soekarno - Hatta mengangkut 129 penumpang … Ini adalah charter flight,” kata Jhoni dalam siaran virtual, Jumat (23/4/2021).

Kementerian Kesehatan melaporkan dari 129 orang penumpang tersebut, 12 WNA di antara dinyatakan positif terpapar Covid-19. Pemerintah juga telah melakukan Whole Genome Sequencing kepada seluruh penumpang, namun hasilnya belum diketahui.

Di samping itu, Jhoni menyebut bahwa saat ini terdapat sejumlah penumpang dari India yang sedang menuju Tanah Air. Keberangkatan itu dilakukan setelah mereka terlanjur mengantongi visa.

Pemberian visa tersebut terjadi sebelum pemerintah memutuskan untuk menghentikan permohonan visa dari India sejak Kamis (22/4/2021) pukul 12.00 siang.

Guna mengantisipasi kedatangan tersebut, Dirjen Imigrasi menyebut bahwa mereka tetap akan menerapkan protokol kesehatan dan pemeriksaan kesehatan hingga karantina selama 5 x 24 jam.

“Ini mungkin ada yang masih dalam perjalanan, on air sekarang ini. Ini akan tetap kita antisipasi dan apabila memang nanti masuk ke Indonesia ke bandara kita tetap mengacu dengan protokol kesehatan,” paparnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

india imigrasi Virus Corona Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top