Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Soal Durasi Larangan WN India Masuk Indonesia, Ini Kata Dirjen Imigrasi

Ditjen Imigrasi akan berkoodinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan untuk menentukan durasi pembatasan masuk bagi WN India.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 23 April 2021  |  16:22 WIB
Penerbangan berjadwal internasional dapat diizinkan pada rute tertentu.  - airindia.in
Penerbangan berjadwal internasional dapat diizinkan pada rute tertentu. - airindia.in

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menghentikan permohonan visa dari warga negara India menyusul tingginya lonjakan kasus Covid-19 di negara itu. Masih belum diketahui sampai kapal pelarangan tersebut berlaku.

Direktur Jenderal Imigrasi Jhoni Ginting mengatakan bahwa pihaknya masih akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri maupun Kementerian Kesehatan untuk menentukan durasi pelarangan.

“Ini kan sifanya sementara, kami nanti menunggu bagaimana nanti situasi perkembangan eskalasi maupun herd immunity di negara India,” kata Jhoni dalam siaran virtual, Jumat (23/4/2021).

Lebih lanjut, dia menyatakan Ditjen Imigrasi akan berkoodinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan untuk menentukan durasi pembatasan masuk bagi WN India.

“Mudah-mudahan nanti kami berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, bisa juga dengan Kementerian Kesehatan untuk kapan boleh masuknya kembali warga negara India untuk masuk ke Indonesia,” tuturnya.

Sebelumnya, dia menerangkan bahwa pemerintah telah menghentikan permohonan visa dari India sejak Kamis (22/4/2021) pukul 12 siang. Selain itu, eksekutif tengah menggodok aturan terkait pengecualian warga negara India yang boleh masuk ke Indonesia.

Regulasi itu nantinya akan berbentuk surat edaran yang diterbitkan oleh Dirjen Imigrasi. Jhoni menyebutkan bahwa aturan itu khsus berlaku bagi warga negara India dan yang pernah berada di India selama 14 hari.

“Kita akan segera mengeluarkan surat edaran khusus untuk Warga Negara India dan yang pernah berada di India selama 14 hari,” terangnya.

Kebijakan ini, kata Jhoni, merupakan hal biasa. Pada April 2020, pemerintah juga pernah mengeluarkan kebijakan serupa kepada sejumlah negara seperti di Korea Selatan, Iran, Inggris dan Italia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

india imigrasi Virus Corona Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top