Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkes Minta Daerah Prioritaskan Vaksinasi Lansia, Apa Alasannya?

Menkes mendorong seluruh kepala daerah baik gubernur maupun bupati/wali kota untuk terus menjalankan vaksinasi Covid-19.
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 19 April 2021  |  09:07 WIB
Vaksinasi warga lanjut usia (lansia) di Jakarta Utara. - Antara\r\n
Vaksinasi warga lanjut usia (lansia) di Jakarta Utara. - Antara\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah kembali menerima tambahan 6 juta bulk vaksin Covid-19 produksi Sinovac yang tiba Minggu (18/4/2021) di terminal kargo Bandara Soekarno Hatta.

Kedatangan bulk vaksin ini merupakan kedatangan yang kedelapan, sebagai bagian dari 140 juta dosis vaksin Sinovac yang akan dikirim tahun ini.

''Total yang sudah kita terima dari Sinovac sebanyak 59,5 juta bulk vaksin atau kalau sudah dikonversi menjadi dosis akan jadi sekitar 46 sampai 47 juta dosis,'' kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin seperti dikutip melalui laman Kemenkes, Minggu (18/4/2021).

Adapun, vaksin bulk yang telah diproses oleh PT Biofarma menjadi vaksin jadi sebanyak 22 juta dosis. Vaksin tersebut telah didistribusikan ke seluruh daerah di Indonesia demi mempercepat cakupan vaksinasi bagi 181,5 juta penduduk Indonesia.

''Kita harapkan vaksinasi untuk seluruh daerah pada bulan April dan Mei, berjalan dengan lancar dan baik,'' imbuhnya.

Menkes mendorong seluruh kepala daerah baik gubernur maupun bupati/wali kota untuk terus menjalankan vaksinasi Covid-19. Kendati Ramadan, pelayanan vaksinasi tetap berjalan seperti biasanya. Masyarakat tetap bisa vaksinasi pada siang hari saat sedang berpuasa. Hal ini berdasarkan ketentuan umum Fatwa MUI bahwa vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa sehingga tetap boleh dilaksanakan.

''Pesan saya kepada seluruh teman-teman di daerah, terus jalankan program vaksinasi. MUI sudah bilang bahwa selama bulan puasa vaksinasi tidak membatalkan puasa,'' ujar Budi.

Menkes juga meminta kepada daerah untuk memprioritaskan vaksinasi bagi kelompok lansia berusia 60 tahun ke atas. Terlebih, saat Ramadhan seperti sekarang ini, diperkirakan intensitas pertemuan mereka dengan sanak keluarga sangat tinggi sehingga sangat rentan terpapar Covid-19

''Tolong dipastikan dalam sebulan ini prioritas vaksinasi diberikan kepada lansia sehingga mereka bisa terlindungi, kalau nanti dikunjungi oleh keluarganya, imunitas mereka relatif lebih baik,'' tuturnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lansia Vaksin Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top