Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Awas! Perairan Sumut-Sumbar Dilanda Gelombang Laut 6 Meter

BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Belawan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, menyampaikan peringatan kepada berbagai kalangan tentang kewaspadaan terhadap tinggi gelombang laut mencapai enam meter yang melanda perairan Sumut-Sumbar.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 05 April 2021  |  02:00 WIB
Ilustrasi gelombang air laut.  Gelombang laut ini juga disertai dengan angin yang bertiup lebih dari 15 knot  - Bisnis
Ilustrasi gelombang air laut. Gelombang laut ini juga disertai dengan angin yang bertiup lebih dari 15 knot - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Belawan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, menyampaikan peringatan kepada berbagai kalangan tentang kewaspadaan terhadap tinggi gelombang laut mencapai enam meter yang melanda perairan Sumut-Sumbar.

"Gelombang laut sangat tinggi tersebut di perairan Samudera Hindia barat Nias di Sumut mengarah Kepulauan Mentawai di Sumbar," ungkap Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Belawan Sugiyono seperti dikutip Antara, Ahad (4/4/2021).

Adanya tekanan rendah mencapai 1.005 hPa di perairan Samudera Hindia barat Lampung, lanjut dia, mengakibatkan munculnya Bibit Siklon Tropis 90S di Samudera Hindia barat daya Pulau Sumatera.

Dampak lain yang ditimbulkan, katanya, perairan di Sumut-Aceh juga dilanda tinggi gelombang laut meliputi Nias-Sibolga, utara Sabang, barat Aceh, dan Samudera Hindia barat Aceh mengarah ke Kepulauan Mentawai 2,5 hingga empat meter.

"Sedangkan perairan timur Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, dan Selat Malaka bagian utara dilanda gelombang sedang setinggi 1,25 sampai 2,5 meter," katanya.

Ia menyebut gelombang laut ini juga disertai dengan angin yang bertiup lebih dari 15 knot untuk gelombang di atas 1,25 meter, 16 knot di atas 1,5 meter, 21 knot di atas 2,5 meter, dan 27 knot untuk gelombang di atas empat meter.

"Kami berharap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, seperti perahu nelayan, kapal tongkang, feri, kargo maupun kapal pesiar agar tetap selalu waspada," tutur Sugiyono.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

siklon tropis bmkg gelombang tinggi
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top