Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inggris Gelontorkan Rp3 Triliun untuk Hutan Tropis di Dunia Termasuk Indonesia

Dana tersebut diinvestasikan untuk bisnis dan investor yang mendukung dan melaksanakan proyek penggunaan lahan berkelanjutan.
Hutan mangrove Munjang di Bangka Tengah, Bangka Belitung./Pemkab Bangka Tengah
Hutan mangrove Munjang di Bangka Tengah, Bangka Belitung./Pemkab Bangka Tengah

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Inggris meluncurkan pendanaan senilai Rp3 triliun untuk membantu melindungi hutan hujan seluas 2,1 juta hektare atau setara dengan luas gabungan Pulau Flores dan Bali guna memangkas jutaan ton emisi karbon dan meningkatkan kehidupan lebih dari 600.000 orang di komunitas hutan tropis di Afrika, Asia, dan Amerika Latin.

Dikutip dari siaran pers, Selasa (16/3/2021), melalui Program Mobilisasi Finansial untuk Hutan, dana tersebut diinvestasikan untuk bisnis dan investor yang mendukung dan melaksanakan proyek penggunaan lahan berkelanjutan dan melindungi kawasan hutan hujan seperti Amazon dan hutan tropis di Indonesia.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengatakan, program  tersebut adalah kabar baik, meskipun saat ini hanya diketahui angka secara keseluruhan, tetapi belum ditentukan secara pasti pengalokasiannya.

“Indonesia adalah kandidat utama yang dapat memperoleh keuntungan dari pendanaan ini. Saya berharap inisiatif ini dapat mendukung pekerjaan besar yang berlangsung di Indonesia saat ini, yaitu memperluas peluang ekonomi bagi masyarakat yang tinggal di dalam atau sekitar kawasan hutan, sambil membantu kelompok masyarakat tersebut mengelola hutan secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, program ini juga diharapkan bisa menarik investasi swasta sekitar Rp20 triliun untuk mendukung ribuan pekerja yang mendukung pelestarian lingkungan di berbagai sektor untuk mengatasi perubahan iklim di seluruh dunia.

Pendanaan ini disebut juga akan membantu menghilangkan 28 juta ton CO2 dari atmosfer, atau setara dengan seluruh emisi CO2 London setiap tahunnya selama 15 tahun ke depan.

Selain itu, investasi pada proyek-proyek ramah lingkungan seperti panen berkelanjutan pada kacang-kacangan, biji-bijian dan kopi; pemulihan kerusakan hutan; pengembangan diversifikasi pangan sebagai upaya pencegahan erosi; dan peluncuran kegiatan konservasi/restorasi hutan tropis juga dilakukan.

Adapun, pendanaan ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Inggris sebesar 11,6 miliar pounds untuk pembiayaan iklim internasional, termasuk janji Perdana Menteri Inggris Boris Johnson senilai 3 miliar pounds bagi perlindungan alam dan keanekaragaman hayati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper