Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lewat Gomed, Gojek Kolaborasi Dengan Halodoc Layani Vaksinasi Drive Thru

Lewat ekosistemnya, Gojek ikut membantu kesuksesan vaksinasi Covid-19.
Vaksin Covid-19 Sinovac beserta jarum suntik terpajang di kawasan Masjid Istiqlal saat vaksinasi di Jakarta, Selasa (23/2/2021)./Antararn
Vaksin Covid-19 Sinovac beserta jarum suntik terpajang di kawasan Masjid Istiqlal saat vaksinasi di Jakarta, Selasa (23/2/2021)./Antararn

Bisnis.com, JAKARTA - Gojek berkolaborasi dengan Halodoc, turut serta dalam upaya percepatan program vaksinasi yang dilakukan pemerintah, dengan menjadi mitra transportasi dan komunikasi untuk layanan vaksinasi Covid-19 yang dibuka pada Rabu (3/3/2021).

Seperti diketahui, sesuai arahan Kementerian Kesehatan RI, tahap awal vaksinasi Covid-19 secara drive thru akan diperuntukkan khusus bagi masyarakat lanjut usia (Lansia) yang memiliki KTP DKI Jakarta dengan target hingga ribuan dosis vaksin setiap harinya.

Gojek berperan dalam memberikan akses penjadwalan melalui layanan GoMed yang terintegrasi dengan Halodoc dan menyediakan armada GoCar di area vaksinasi untuk mendukung peserta yang datang tanpa kendaraan, sehingga adopsi protokol kesehatan serta keamanan tetap terjaga.

Kevin Aluwi selaku Co-Founder dan Co-CEO Gojek mengatakan, Gojek sangat mengapresiasi kebijakan dan upaya Pemerintah dalam memprioritaskan masyarakat lansia sebagai penerima vaksin.

"Kami berharap kerja sama dengan Halodoc ini dapat membantu program vaksinasi Covid-19. Dimulai dari sosialisasi dan perluasan akses, sehingga dapat menyukseskan upaya pemerintah menekan penyebaran virus,” ujarnya dalam press conference virtual di Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Pihaknya juga berterima kasih kepada pemerintah yang telah mengikutsertakan kelompok pekerja transportasi umum termasuk mitra driver online ke dalam kelompok petugas pelayanan publik yang menerima vaksin, setelah pemberian vaksin kepada seluruh tenaga kesehatan.

Menurut Kevin, program vaksinasi Covid-19 ini akan membantu mitra driver termasuk mitra driver lansia di tahap awal ini, sebagai bagian dari urat nadi logistik nasional, agar terlindungi dari paparan virus Covid-19.

"Sehingga, mereka bisa terus menafkahi keluarga sekaligus memberikan layanan yang aman dan profesional kepada seluruh masyarakat Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, pada pembukaan Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19, Rabu (3/3), sudah ada 40 mitra driver Gojek Lansia yang disuntik vaksin memanfaatkan fasilitas drive-thru menggunakan sepeda motor mereka.

"Kedepannya, akan ada ratusan driver Gojek lansia lainnya yang bisa mendapatkan vaksin," ujarnya.

Adapun dalam kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi kesigapan Halodoc dan Gojek dalam mendukung program vaksinasi Covid-19 sejak awal masa pandemi.

Menurutnya dalam melakukan edukasi hingga vaksinasi, Kemenkes tidak bisa sendirian. "Kami optimis, kepercayaan masyarakat terhadap keandalan layanan Halodoc dan Gojek serta basis pengguna yang besar bisa meningkatkan partisipasi masyarakat, termasuk keluarga dan kerabat dekat pengguna platform yang masuk kelompok lanjut usia," ujarnya.

Menurutnya inisiatif yang dihadirkan Halodoc dan Gojek memiliki peranan yang sangat strategis terhadap pencapaian target pemerintah dalam menyalurkan 181 juta suntikan vaksin Covid-19 dalam setahun.

Jonathan Sudharta, CEO & Cofounder, Halodoc mengatakan, pihaknya sangat bangga ditunjuk menjadi mitra resmi pertama dan satu-satunya oleh Kemenkes dalam menghadirkan pos pelayanan vaksinasi Covid-19 melalui metode drive thru.

"Terima kasih atas dukungan dan kepercayaan Kemenkes kepada ekosistem kami selama ini, sehingga kami dapat terus berkontribusi sebagai mitra dalam komunikasi, informasi, dan edukasi terkait Covid-19," ujarnya.

Pihaknya memastikan akan terus memaksimalkan kemampuan dalam membantu percepatan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia, khususnya melalui layanan drive thru tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper