Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sah! Jokowi Lantik Gubernur Sumbar, Kepri dan Bengkulu

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumbar, Kepri dan Bengkulu didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 40P Tahun 2021.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 25 Februari 2021  |  11:07 WIB
Presiden Joko Widodo dalam acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu di Istana Negara, Jakarta, Kamis 25 Februari 2021 / Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dalam acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu di Istana Negara, Jakarta, Kamis 25 Februari 2021 / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik tiga pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Pilkada 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Ketiga paslon yang akan menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur untuk periode 2021-2024 antara lain adalah Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldy sebagai Gubernur dan Wagub Sumatra Barat, Ansar Ahmad dan Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wagub Kepulauan Riau (Kepri), serta M. Rohidin Mersyah-Rosjonsy sebagai pasangan Gubernur dan Wagub Bengkulu

Sebelum dilantik di Istana Negara, para kepala daerah yang akan dilantik terlebih dulu mengambil surat keputusan presiden di Istana Merdeka. Kemudian, mereka melakukan kirab dari Istana Merdeka menuju ke Istana Negara bersama dengan Presiden Jokowi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam proses kirab Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Adapun, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur di tiga provinsi itu didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 40P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat, Kepuluan Riau, dan Bengkulu Masa Jabatan Tahun 2021-2024.

Presiden Jokowi juga memimpin secara langsung pengucapan sumpah jabatan yang diikuti oleh para Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumbar, Kepulauan Riau dan Bengkulu.

Proses pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur ketiga provinsi itu dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Seperti diketahui, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar yang dilantik hari ini yakni Mahyeldi dan Audy Joinaldy merupakan pasangan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada Pilkada 2020 di Sumbar. Pasangan itu berhasil meraih suara terbanyak yaitu mencapai 32,43 persen.

Kemudian, Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau yaitu Ansar Ahmad dan Marlin Agustina diusung oleh Partai Golkar, Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN) pada Pilkada 2020.

Selanjutnya, Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu yaitu Rohidin Mersyah-Rosjonsyah diusung oleh PKS, PPP, Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PDI Perjuangan. Mereka berhasil meraih suara terbanyak pada Pilkada 2020 di Bengkulu yaitu 41,20 persen suara.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi gubernur Pilkada 2020
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top