Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jepang Siapkan Kupon Khusus bagi Penerima Vaksin Covid-19

Kementerian Kesehatan Jepang mengatakan kupon yang dibutuhkan untuk mendapatkan vaksinasi, pertama kali akan diterbitkan bagi warga lansia.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 17 Februari 2021  |  20:00 WIB
Turis mengenakan masker berkumpul di depan kuil Sensoji di distrik Asakusa, Tokyo./Bloomberg - Akio Kon
Turis mengenakan masker berkumpul di depan kuil Sensoji di distrik Asakusa, Tokyo./Bloomberg - Akio Kon

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Jepang akan menggunakan kupon khusus untuk mempermudah proses vaksinasi di negara tersebut.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Selasa (17/2/2021), Kementerian Kesehatan Jepang mengatakan kupon yang dibutuhkan untuk mendapatkan vaksinasi, pertama kali akan diterbitkan bagi warga lansia.

Pemerintah kota berencana untuk mulai mengirimkan kupon tersebut kepada para lansia mulai pertengahan Maret 2021. Nama individu dan nomor seri akan dicetak di kupon tersebut. Pemegang kupon dapat menerima vaksin gratis dengan menunjukkan kupon tersebut di lokasi vaksinasi.

Aturan secara umum, vaksin akan dilakukan oleh pemerintah kota, tempat orang tersebut terdaftar sebagai penduduk. Namun, ada sejumlah pengecualian yang diizinkan.

Pengecualian itu termasuk ibu hamil yang kembali ke kampung halamannya, orang yang tinggal jauh dari keluarga mereka karena bekerja, mahasiswa yang tinggal jauh dari rumah, dan korban kekerasan domestik atau kekerasan anak.

Jika seseorang ingin divaksinasi di kota yang berbeda, maka sebelumnya harus mengajukan permohonan ke pemerintah kota tersebut.

Permohonan itu dapat dikirimkan, diserahkan langsung ke kantor pemerintah kota, atau dilakukan melalui situs web Kementerian Kesehatan. Permohonan itu harus diserahkan selama periode yang ditentukan bagi tiap individu. Prosedur ini mungkin dikecualikan dalam sejumlah kasus.

Orang asing yang tinggal di Jepang dapat menerima vaksin virus korona di kota tempat mereka terdaftar sebagai penduduk. Pemerintah akan mengirimkan surat pemberitahuan mengenai bagaimana mendapatkan vaksinasi secara gratis, bagi mereka yang memenuhi syarat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang Vaksin Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top