Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SKB 3 Menteri soal Seragam Terbit, Menag Pede Toleransi akan Menguat

SKB terkait penggunaan seragam dan atribut di sekolah itu disepakati Menag Yaqut Cholil Qoumas bersama Mendikbud Nadiem Makarim dan Mendagri Tito Karnavian.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Kamis malam (24/12), meninjau perayaan Natal di GPIB Immanuel atau yang dikenal dengan Gereja Blenduk di Kota Lama, Semarang./ Kemenagrn
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Kamis malam (24/12), meninjau perayaan Natal di GPIB Immanuel atau yang dikenal dengan Gereja Blenduk di Kota Lama, Semarang./ Kemenagrn

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas optimistis sikap tolerasi dan saling memahami antarpemeluk agama akan diperkuat dengan hadirnya Surat Keputusan Bersama (SKB) terkait penggunaan seragam dan atribut di lingkungan sekolah.

SKB tentang Penggunaan Pakaian Seragam dan Atribut Bagi Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan di Lingkungan Sekolah yang Diselenggarakan Pemerintah Daerah pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah itu disepakati Menag bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, hari ini meneken Surat Keputusan Bersama (SKB).

“Keluarnya SKB 3 Menteri ini dilatarbelakangi nilai keagamaan dan keyakinan bahwa agama dan seluruh ajarannya mengajarkan perdamaian, menyelesaikan perbedaan dengan baik, dan saling menghormati,” ujar Menag Yaqut seperti dikutip dari laman resmi Kemenag, Kamis (3/2/2021). 

Menurutnya, lahirnya SKB ini juga diharapkan akan mencegah muculnya konflik yang bersumber dari nilai agama. Regulasi ini, jelasnya, tidak menjadi dasar kelompok atau sekolah untuk memaksakan atribut keagamaan tertentu. “Melainkan agar masing-masing pemeluk agama saling memahami dan bersikap toleransi,”  kata Menag.

Secara jelas SKB itu memberi mandat kepada Kementerian Agama (Kemenag) untuk melakukan penguatan pemahaman moderasi kepada pemerintah daerah (pemda) dan sekolah. Kewenangan itu dilakukan kepada pemerintah daerah dan/atau kepala sekolah yang tidak melaksanakan ketentuan dalam SKB tersebut.

“Kementerian Agama melakukan pendampingan dan penguatan pemahaman keagamaan  dan  praktik  beragama yang moderat ke pemerintah daerah dan/atau sekolah yang bersangkutan,” demikian bunyi diktum keempat, huruf e poin 1 dalam SKB itu. 

Tak hanya itu, Kemenag juga dapat memberikan pertimbangan untuk pemberian dan penghentian sanksi sebagaimana tertulis pada poin 2 SKB tersebut.

Secara terperinci, ada empat aturan pokok dalam SKB tersebut. Pertama, peserta  didik, pendidik, dan tenaga  kependidikan di lingkungan sekolah  yang  diselenggarakan  pemerintah daerah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah berhak memilih untuk menggunakan pakaian seragam dan atribut baik tanpa kekhasan agama tertentu, atau dengan kekhasan agama tertentu, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kedua, pemda dan  sekolah memberikan kebebasan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk memilih menggunakan pakaian seragam dan atribut sebagaimana dimaksud dalam diktum kesatu. 

Ketiga, dalam rangka melindungi hak peserta didik, pendidik,dan tenaga kependidikan sebagaimana dimaksud dalam diktum kedua, pemda dan sekolah tidak boleh mewajibkan, memerintahkan, mensyaratkan, mengimbau, atau melarang penggunaan pakaian  seragam dan  atribut dengan  kekhasan agama tertentu.

Keempat, pemerintah daerah  dan/atau  kepala  sekolah  sesuai  dengan kewenangannya wajib mencabut peraturan, keputusan, instruksi, kebijakan, atau  imbauan  tertulis  terkait penggunaan pakaian   seragam   dan   atribut   di   lingkungan   sekolah  yang dikeluarkan  oleh  kepala  daerah  dan/atau  kepala  sekolah yang bertentangan dengan keputusan bersama. Pemerintah memberi waktu paling lama 30 hari kerja terhitung sejak tanggal SKB ini ditetapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper