Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mencoba Berdikari, Kanada Bakal Produksi Vaksin Sendiri pada Akhir 2021

Kanada bermaksud untuk memproduksi vaksin sendiri selama beberapa dekade mendatang. Produksi vaksin dalam negeri paling cepat dimulai paling tidak pada musim gugur atau pada akhir tahun ini.
Presiden Jokowi (kiri) berbincang dengan PM Kanada Justin Trudeau dalam Forum KTT G20, di Hamburg, Jerman, Jumat (7/7) siang waktu setempat./Setkab
Presiden Jokowi (kiri) berbincang dengan PM Kanada Justin Trudeau dalam Forum KTT G20, di Hamburg, Jerman, Jumat (7/7) siang waktu setempat./Setkab

Bisnis.com, JAKARTA - Kanada mengatakan telah menandatangani perjanjian tentatif dengan perusahaan vaksin Amerika Serikat Novavax untuk memproduksi jutaan dosis kandidat vaksin Covid-19 di sebuah fasilitas di Montreal.

Perjanjian, yang diumumkan kemarin oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, tersebut adalah yang pertama dari beberapa yang sedang dikembangkan karena Kanada mengatakan pihaknya bermaksud untuk memproduksi vaksin sendiri selama beberapa dekade mendatang. Produksi vaksin dalam negeri paling cepat dimulai paling tidak pada musim gugur atau pada akhir tahun ini.

"Yang sangat kami jelaskan adalah Kanada akan mengembangkan manufaktur domestik, jadi terlepas dari apa yang bisa terjadi di masa depan, kami akan memiliki produksi dalam negeri di atas semua kemitraan dan kontrak kami yang ditandatangani dengan perusahaan di seluruh dunia," kata Trudeau selama konferensi pers di Ottawa, dilansir CNN Internasional, Rabu (3/2/2020).

Dia menambahkan bahwa penting bagi Kanada untuk mencapai swasembada dalam produksi vaksin.

Novavax masih melakukan uji klinis vaksinnya tetapi mengirimkan lebih banyak data ke Health Canada untuk ditinjau pada Jumat pekan lalu. Kanada memiliki kesepakatan untuk membeli 52 juta dosis dari Novavax ketika dan jika kandidat vaksinnya menerima persetujuan di negara itu.

Namun, diperkirakan persetujuan tidak akan didapat dalam hitungan minggu. Hal itu pun masih meninggalkan Kanada dengan kekurangan vaksin yang signifikan dalam jangka pendek. Pfizer-BioNTech dan Moderna sejauh ini merupakan satu-satunya vaksin yang disetujui untuk digunakan di Kanada.

Kedua pemasok vaksin tersebut telah secara signifikan memperlambat pengiriman ke Kanada setelah penundaan manufaktur dan permintaan dari Eropa, di mana Kanada memperoleh dosisnya, untuk membatasi ekspor vaksin yang tunduk pada persetujuan UE.

Kanada tidak berusaha untuk mendapatkan dosis vaksin apa pun dari AS setelah pemerintahan Trump mengindikasikan tidak akan mengizinkan vaksin apa pun untuk diekspor.

Menurut data kesehatan masyarakat dari provinsi dan pemerintah federal, lebih dari 2 persen populasi Kanada telah menerima setidaknya 1 dosis vaksin Covid-19.

Provinsi di Kanada, yang bertanggung jawab atas distribusi vaksin, semakin frustrasi karena lokasi vaksinasi massal telah siap, tetapi vaksin belum tersedia.

"Mereka memiliki kapasitas beberapa ribu setiap hari dan kemungkinan untuk melewatinya sehingga kita semua sedikit kecewa, sedikit frustrasi, dan mengunyah sedikit untuk berbuat lebih banyak dan memberikan vaksin kepada kita," kata pensiunan Jenderal Rick Hillier yang kini memimpin gugus tugas vaksin Ontario.

Dia menambahkan bahwa dia telah kehilangan kepercayaan pada rantai pasokan Pfizer karena dosis yang dijanjikan ke Kanada tidak dikirimkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper